Notifikasi

48+ Kumpulan Soal PEMROGRAMAN DASAR KOMPUTER | COMPUTERS Sederajat dengan Kunci Jawaban

Halo.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 18-Jul-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang PEMROGRAMAN DASAR KOMPUTER | COMPUTERS yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas KG di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

48+ Soal PEMROGRAMAN DASAR KOMPUTER | COMPUTERS 2022/2023 Lengkap



1. Tipe data logika yang berisi 2 kemungkinan nilai adalah tipe data...

a. Tipe data composite
[Jawaban Salah]

b. Tipe data pointer
[Jawaban Salah]

c. Tipe data boolen
[Jawaban Benar]

d. Tipe data record
[Jawaban Salah]

e. Tipe data image
[Jawaban Salah]



2. Tipe data integer memiliki ukuran tempat...

a. I byte
[Jawaban Salah]

b. 2 byte
[Jawaban Benar]

c. 3 byte
[Jawaban Salah]

d. 4 byte
[Jawaban Salah]

e. 5 byte
[Jawaban Salah]



3. Tipe data dengan jangkauan nilai sesuai penetapan programan adalah...

a. Tipe data string
[Jawaban Salah]

b. Tipe data booln
[Jawaban Salah]

c. Tipe data lainnya
[Jawaban Salah]

d. Tipe data array
[Jawaban Salah]

e. Tipe data subrange
[Jawaban Benar]



4. Terdapat beberapa aturan dalam membuat program java yaitu, kecuali....

a. Nama file harus sama dengan kelas program
[Jawaban Salah]

b. Kelas yang menjadi program harus memiliki metode public static void main(string [] args)
[Jawaban Salah]

c. Menggunakan simbol (}) untuk menutup menthod utama
[Jawaban Benar]

d. Terminal pada Java menggunakan tanda ; (titik koma)
[Jawaban Salah]

e. Hanya boleh terdapat satu kelas public pada sebuah file
[Jawaban Salah]



5. Membuat cover atau sampul, Baner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan yang lainya adalah fungsi dari...

a. Dravter
[Jawaban Salah]

b. Layouter
[Jawaban Salah]

c. Animator
[Jawaban Salah]

d. Visualisator
[Jawaban Salah]

e. Editor
[Jawaban Benar]



6. Dampak positif dari desain grafis bagi kehidupan kita adalah, kecuali...

a. Bisa mempelajari ilmu desain grafis dengan lebih mudah serta akan memperkaya teknik dalam proses pembuatan seni melalui internet.
[Jawaban Salah]

b. Komunikasi menjadi lebih mudah di antara pada desainer di dunia untuk bertukar ilmu sehingga dapat menciptakan karya yang luar biasa.
[Jawaban Salah]

c. Program desain grafis yang telah ada semakin mutahir serta bisa menghasilkan karya yang mempunyai sebuah rasa dari penciptanya
[Jawaban Salah]

d. Karya dapat di curi atau bisa disebut sebagai pelagiat
[Jawaban Benar]

e. Memberikan fasilitas yang lebih mudah untuk menjual maupun membeli hasil karya seni yang telah diciptakan
[Jawaban Salah]



7. Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam rendering 3 dimensi, kecuali...

a. DesignWorkshop lite
[Jawaban Salah]

b. ZMODELER
[Jawaban Salah]

c. AutoQ3D community
[Jawaban Salah]

d. Adobe primer
[Jawaban Benar]

e. Google sketchup
[Jawaban Salah]



8. Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam audiovisual adalah...

a. Adobe flash atau sebelumnya bernama Macromedia flash
[Jawaban Benar]

b. Microsoft frontpage
[Jawaban Salah]

c. Web builder visual
[Jawaban Salah]

d. Macromedia firework
[Jawaban Salah]

e. Macromedia web
[Jawaban Salah]



9. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah...

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membuat algoritma
[Jawaban Benar]

c. Membeli komputer
[Jawaban Salah]

d. Proses
[Jawaban Salah]

e. Mempelajari program
[Jawaban Salah]



10. Bahasa pemrograman apa yang serba guna...

a. Bahasa pemrograman Java
[Jawaban Benar]

b. Bahasa pemrograman python
[Jawaban Salah]

c. Bahasa pemrograman delpi
[Jawaban Salah]

d. Bahasa pemrograman PHP
[Jawaban Salah]

e. Bahasa pemrograman XML
[Jawaban Salah]



11. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan masalah disebut...

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Stip
[Jawaban Salah]

e. Diagram
[Jawaban Salah]



12. Untuk melihat hasil dari program yang dikerjakan tekan tombol...

a. Ctrl+f5
[Jawaban Salah]

b. Ctrl+f9
[Jawaban Benar]

c. Ctrl+f2
[Jawaban Salah]

d. Ctrl+f14
[Jawaban Salah]

e. Ctrl+f4
[Jawaban Salah]



13. Untuk membuat background dapat memilih menu...

a. File
[Jawaban Salah]

b. Layout
[Jawaban Benar]

c. Pagestup
[Jawaban Salah]

d. View
[Jawaban Salah]

e. Arrange
[Jawaban Salah]



14. Rectangle tool berfungsi untuk...

a. Membuat garis lurus
[Jawaban Salah]

b. Membuat persegi atau persegi panjang
[Jawaban Benar]

c. Membuat lingkaran atau elips
[Jawaban Salah]

d. Membuat segitiga atas segi banyak
[Jawaban Salah]

e. Membuat gambar spiral
[Jawaban Salah]



15. Tablet tool digunakan untuk...

a. Membuat segitiga
[Jawaban Salah]

b. Membuat lingkaran
[Jawaban Salah]

c. Membuat grafis
[Jawaban Salah]

d. Membuat tabel
[Jawaban Benar]

e. Membuat garis lurus
[Jawaban Salah]



16. Berikut yang bukan prinsip-prinsip dari sebuah desain grafis adalah...

a. Keseimbangan
[Jawaban Salah]

b. Ritme
[Jawaban Salah]

c. Tekanan
[Jawaban Benar]

d. Irama
[Jawaban Salah]

e. Kesatuan
[Jawaban Salah]



17. Dapat digunakan untuk mencari suatu nilai dalam kondisi yang ada, memiliki pilihan benar (true) / salah (false)...

a. Operasi logika
[Jawaban Benar]

b. Bilangan biner
[Jawaban Salah]

c. Operator bitwise
[Jawaban Salah]

d. Operasi relasional
[Jawaban Salah]

e. Bilangan oktal
[Jawaban Salah]



18. Kapan terbentuknya Pascal...

a. 1991
[Jawaban Salah]

b. 1987
[Jawaban Salah]

c. 1981
[Jawaban Salah]

d. 1971
[Jawaban Benar]

e. 1961
[Jawaban Salah]



19. Bahasa pemrograman yang memiliki (kategori tingkat tinggi) yaitu...

a. Bahasa pemrograman python
[Jawaban Salah]

b. Bahasa pemrograman java
[Jawaban Benar]

c. Bahkan pemrograman PHP
[Jawaban Salah]

d. Bahasa pemrograman pascal
[Jawaban Salah]

e. Bahasa pemrograman ruby
[Jawaban Salah]



20. Tipe data adalah suatu nilai yang akan dipunyai oleh sebuah data kecuali...

a. Integer
[Jawaban Salah]

b. Rill
[Jawaban Salah]

c. String
[Jawaban Salah]

d. Char
[Jawaban Salah]

e. Pemrograman
[Jawaban Benar]



21. F8 adalah shortcut pada keyboard untuk memunculkan...

a. Berzier tool
[Jawaban Salah]

b. Shape tool
[Jawaban Salah]

c. Freehand tool
[Jawaban Salah]

d. Text tool
[Jawaban Benar]

e. Artistic media tool
[Jawaban Salah]



22. Freehand tool adalah...

a. Alat yang digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan
[Jawaban Salah]

b. Alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik
[Jawaban Salah]

c. Alat yang pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool
[Jawaban Salah]

d. Alat yang pemakaian polyline tool
[Jawaban Salah]

e. Alat yang digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan
[Jawaban Benar]



23. Contour digunakan untuk...

a. Membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks
[Jawaban Salah]

b. Membuat efek bayangan dari objek gambar/teks
[Jawaban Salah]

c. Menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya
[Jawaban Benar]

d. Menghilangkan efek 3D dari objek gambar
[Jawaban Salah]

e. Membentuk garis 3D
[Jawaban Salah]



24. Berikut ini adalah menu yang terdapat di aplikasi Corel draw, kecuali...

a. File
[Jawaban Salah]

b. View
[Jawaban Salah]

c. Window
[Jawaban Salah]

d. Tabel
[Jawaban Salah]

e. Mailing
[Jawaban Benar]



25. Photoshop dapat dipergunakan untuk keperluan seperti di bawah ini, kecuali...

a. Layout
[Jawaban Salah]

b. Burn cd
[Jawaban Benar]

c. Retouch foto
[Jawaban Salah]

d. Menipulasi foto
[Jawaban Salah]

e. Mewarnai komik
[Jawaban Salah]



26. Dibawah ini menu yang tidak terdapat di pulldowe menu image pada Adobe Photoshop adalah...

a. Adjustment
[Jawaban Salah]

b. Mode
[Jawaban Salah]

c. Image size
[Jawaban Salah]

d. Transform
[Jawaban Benar]

e. Duplicate
[Jawaban Salah]



27. Berikut ini adalah format file yang dihasilkan data bitmap, kecuali...

a. JPEG
[Jawaban Salah]

b. GIF
[Jawaban Salah]

c. TIFF
[Jawaban Salah]

d. CDR
[Jawaban Benar]

e. BMP
[Jawaban Salah]



28. Desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direcation adalah...

a. Corel
[Jawaban Benar]

b. Photoshop
[Jawaban Salah]

c. Grafis
[Jawaban Salah]

d. Vektor
[Jawaban Salah]

e. Bitmap
[Jawaban Salah]



29. Dibawah ini yang bukan termasuk simbol yang digunakan pada flowchart yaitu....

a. Pengulangan
[Jawaban Salah]

b. Cabang rangkap
[Jawaban Salah]

c. Cabang tunggal
[Jawaban Salah]

d. Linear
[Jawaban Benar]

e. Block
[Jawaban Salah]



30. Untuk melakukan eksekusi terhadap program-program computer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.

a. Prosesor
[Jawaban Salah]

b. Decoding
[Jawaban Salah]

c. Register
[Jawaban Benar]

d. Fetching
[Jawaban Salah]

e. Siklus prosesor
[Jawaban Salah]



31. Struktur seleksi berfungsi......

a. Mengulangi
[Jawaban Salah]

b. Loop
[Jawaban Salah]

c. Membuat keputusan suatu kondisi
[Jawaban Benar]

d. Menyelesaikan program
[Jawaban Salah]

e. Memilih program yang akan dieksekusi
[Jawaban Salah]



32. Proses flowchart secara urut adalah......

a. Start-Write-Read-process-End
[Jawaban Salah]

b. Write-Read-Start-process-End
[Jawaban Salah]

c. Write-Start-process-Read-End
[Jawaban Salah]

d. Start-Read-process-Write-Analisa
[Jawaban Salah]

e. Start-Read-Process-Write-End
[Jawaban Benar]



33. Berikut adalah penulisan identifier yang benar dalam pemrograman Pascal

a. 9 program satu
[Jawaban Salah]

b. Program 1
[Jawaban Benar]

c. Program satu
[Jawaban Salah]

d. Begin
[Jawaban Salah]

e. Array
[Jawaban Salah]



34. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagai

a. Byte
[Jawaban Salah]

b. Integer
[Jawaban Benar]

c. Char
[Jawaban Salah]

d. String
[Jawaban Salah]

e. Boolean
[Jawaban Salah]



35. Istilah perulangan dalam pemrograman Pascal dikenal dengan

a. Repeating
[Jawaban Salah]

b. Again
[Jawaban Salah]

c. Funtion
[Jawaban Salah]

d. Replay
[Jawaban Salah]

e. Looping
[Jawaban Benar]



36. Perintah untuk menutup program dalam Pascal adalah

a. End
[Jawaban Benar]

b. Progam
[Jawaban Salah]

c. Used crt
[Jawaban Salah]

d. Finish
[Jawaban Salah]

e. End;
[Jawaban Salah]



37. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari

a. Flowchart
[Jawaban Benar]

b. Dxdiag
[Jawaban Salah]

c. Begin
[Jawaban Salah]

d. Si
[Jawaban Salah]

e. Sistem operasi
[Jawaban Salah]



38. Deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti. Gaya dapat berubah dalam program disebut deklarasi

a. Deklarasi label
[Jawaban Salah]

b. Deklarasi konstanta
[Jawaban Benar]

c. Deklarasi tipe
[Jawaban Salah]

d. Deklarasi variabel
[Jawaban Salah]

e. Deklarasi prosedur
[Jawaban Salah]



39. Dibawah ini termasuk dalam deklarasi dalam Pascal kecuali

a. Deklarasi perubah
[Jawaban Salah]

b. Deklarasi proses
[Jawaban Benar]

c. Deklarasi konstanta
[Jawaban Salah]

d. Deklarasi tipe
[Jawaban Salah]

e. Deklarasi prosedur
[Jawaban Salah]



40. bilangan yang mengandung pecahan paling sedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal termasuk dalam tipe data

a. Real
[Jawaban Benar]

b. Boolean
[Jawaban Salah]

c. Integer
[Jawaban Salah]

d. Longint
[Jawaban Salah]

e. Byte
[Jawaban Salah]



41. Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah

a. Written
[Jawaban Benar]

b. Readin
[Jawaban Salah]

c. Begin
[Jawaban Salah]

d. Write
[Jawaban Salah]

e. Clrscr
[Jawaban Salah]



42. Bentuk dari suatu statement if berada di dalam lingkungan statement if yang lainnya disebut if dalam kondisi

a. If bersarang
[Jawaban Benar]

b. If bercabang
[Jawaban Salah]

c. If tunggal
[Jawaban Salah]

d. If then
[Jawaban Salah]

e. Of do will until
[Jawaban Salah]



43. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Step
[Jawaban Salah]

e. Diagram
[Jawaban Salah]



44. Pada pembuatan program komputer algoritma

a. Sebelum pembuatan program
[Jawaban Benar]

b. Pada saat program dibuat
[Jawaban Salah]

c. Pada saat verifikasi program
[Jawaban Salah]

d. Sudah program menjalankan
[Jawaban Salah]



45. Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membuat algoritma
[Jawaban Benar]

c. Membeli komputer
[Jawaban Salah]

d. Proses
[Jawaban Salah]



46. diberikan algoritma apabila warna merah maka jadi hijau apabila warna hijau maka jadi putih selain warna merah dan hijau maka jadi ungu jika kondisi input warna adalah hitam maka warna jadi

a. Merah
[Jawaban Salah]

b. Ungu
[Jawaban Benar]

c. Hijau
[Jawaban Salah]

d. Putih
[Jawaban Salah]



47. Instruksi p = q akan mengakibatkan nilai p = nilai q dan nilai q menjadi

a. Menjadi hampa
[Jawaban Salah]

b. Menjadi sembarang nilai
[Jawaban Salah]

c. P tetap
[Jawaban Benar]

d. Q tetap
[Jawaban Salah]



48. Siapakah penemu program Pascal

a. Greyson change
[Jawaban Salah]

b. Profesor niklaus wirth
[Jawaban Benar]

c. Dokter hercules
[Jawaban Salah]

d. Kondrazuse
[Jawaban Salah]



49. Tipe data Pascal untuk karakter adalah

a. Char
[Jawaban Benar]

b. Boolean
[Jawaban Salah]

c. Integer
[Jawaban Salah]

d. Real
[Jawaban Salah]



50. Struktur bahasa pemrograman Pascal paling pertama adalah

a. Used crt
[Jawaban Benar]

b. Begin
[Jawaban Salah]

c. Var
[Jawaban Salah]

d. Writeln
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal PEMROGRAMAN DASAR KOMPUTER | COMPUTERS Sederajat dengan Kunci Jawaban, Raih Mimpimu Sob

Kelas KG Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.