Notifikasi

23+ Kumpulan Soal UTS PEMROGRAMAN DASAR | COMPUTERS 2022/2023 dengan Kunci Jawaban

Selamat Malam.. sahabat, Di website caktekno.com hari ini 01-Sep-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang UTS PEMROGRAMAN DASAR | COMPUTERS yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 10 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

23+ Soal UTS PEMROGRAMAN DASAR | COMPUTERS 2022/2023 Lengkap



1. struktur kontrol yang digunakan untuk memutuskan kode program mana yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi adalah struktur kontrol....

a. kode
[Jawaban Salah]

b. program
[Jawaban Salah]

c. percabangan
[Jawaban Benar]

d. perulangan
[Jawaban Salah]

e. variabel
[Jawaban Salah]



2. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) menyerupai bahasa pemograman disebut?

a. coding
[Jawaban Salah]

b. flowchart
[Jawaban Salah]

c. pseudocode
[Jawaban Benar]

d. data flow
[Jawaban Salah]

e. terminator
[Jawaban Salah]



3. Variable logika yang berhubungan dengan OR,AND, dan NOT merupakan variable dari tipe data?

a. String
[Jawaban Salah]

b. Boolean
[Jawaban Benar]

c. Numerik
[Jawaban Salah]

d. Array
[Jawaban Salah]

e. Integer
[Jawaban Salah]



4. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama

a. decision
[Jawaban Benar]

b. terminator
[Jawaban Salah]

c. process
[Jawaban Salah]

d. connector
[Jawaban Salah]

e. data store
[Jawaban Salah]



5. Bentuk perulangan jika pilihan jawaban ada dua atau lebih disebut

a. Percabangan bersarang
[Jawaban Salah]

b. Percabangan tunggal
[Jawaban Salah]

c. Percabangan atas
[Jawaban Salah]

d. Percabangan ganda
[Jawaban Benar]

e. Percabangan bertingkat
[Jawaban Salah]



6. Pada pengambilan keputusan fungsi logika IF-ELSE-ENDIF dua pilihan tersebut yaitu

a. Semua pernyataan bernilai TRUE
[Jawaban Salah]

b. Semua pernyataan bernilai FALSE
[Jawaban Salah]

c. Satu pernyataan bernilai TRUE dan pernyataan lainya bernilai FALSE
[Jawaban Benar]

d. Tidak ada pernyataan bernilai TRUE atau FALSE
[Jawaban Salah]

e. Satu pernyataan bernilai FALSE dan tidak ada penyataan bernilai TRUE
[Jawaban Salah]



7. Jelaskan definisi pengertian perulangan?

a. Melakukan instruksi berkali-kali sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan
[Jawaban Benar]

b. Melakukan instruksi sekali dengan batasan tertentu
[Jawaban Salah]

c. Melakukan suatu yang telah ditetapkan dengan batasan dua kali
[Jawaban Salah]

d. Melakukan Looping 1 kali dalam batasan yang telah ditetapkan
[Jawaban Salah]

e. Melakukan sesekali perulangan tanpa ada batasan
[Jawaban Salah]



8. Apa yang harus dilakukan untuk menentukan nilai awal ekspresi lojik dalam perulangan

a. Function
[Jawaban Salah]

b. Inisiasi
[Jawaban Benar]

c. User
[Jawaban Salah]

d. Case
[Jawaban Salah]

e. Progammer
[Jawaban Salah]



9. Siapa yang diminta untuk memberikan kondisi perulangan

a. User
[Jawaban Benar]

b. Progammer
[Jawaban Salah]

c. Human
[Jawaban Salah]

d. Protokoler
[Jawaban Salah]

e. Instruktur
[Jawaban Salah]



10. Perhitungan satu-persatu secara sederhana dapat disebut

a. Pecacah
[Jawaban Salah]

b. Mencacah
[Jawaban Benar]

c. Duacacah
[Jawaban Salah]

d. Bilangan cacah
[Jawaban Salah]

e. Case
[Jawaban Salah]



11. Jika pencacah = nilai maksimal (pada increment) atau pencacah=nilai minimal (pada decrement), maka apa yang terjadi pada perulangan

a. Lanjut
[Jawaban Salah]

b. Berhenti seketika
[Jawaban Salah]

c. Berhenti
[Jawaban Benar]

d. Break
[Jawaban Salah]

e. Berhenti lalu melanjutkan proses pencacah
[Jawaban Salah]



12. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah

a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
[Jawaban Salah]

c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
[Jawaban Salah]

d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
[Jawaban Benar]

e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
[Jawaban Salah]



13. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data

a. Boolean
[Jawaban Salah]

b. Date Time
[Jawaban Salah]

c. Numerik
[Jawaban Salah]

d. Array
[Jawaban Salah]

e. String/Char
[Jawaban Benar]



14. Penggunaan WHILE DO adalah struktur perulangan dengan

a. kondisi di awal
[Jawaban Benar]

b. kondisi di akhir
[Jawaban Salah]

c. 1 kondisi
[Jawaban Salah]

d. 2 kondisi
[Jawaban Salah]

e. lebih dari 2 kondisi
[Jawaban Salah]



15. Penggunaan REPEAT UNTIL adalah struktur perulangan dengan

a. kondisi di awal
[Jawaban Salah]

b. 1 kondisi
[Jawaban Salah]

c. 2 kondisi
[Jawaban Salah]

d. kondisi di akhir
[Jawaban Benar]

e. lebih dari 2 kondisi
[Jawaban Salah]



16. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai perulangan dengan kondisi akhir

a. Kondisi dapat di awal atau di akhir perulangan
[Jawaban Salah]

b. Inputan pengguna sebagai sentinel dapat diberikan sebelum perulangan
[Jawaban Salah]

c. Inputan pengguna sebagai sentinel dapat diberikan setelah perulangan
[Jawaban Salah]

d. Dapat menggunakan REPEAT UNTIL
[Jawaban Salah]

e. inputan pengguna sebagai sentinel dapat diberikan di dalam perulangan
[Jawaban Benar]



17. Syarat tipe data variabel pencacah adalah

a. dapat dihitung
[Jawaban Salah]

b. harus integer
[Jawaban Benar]

c. tipe data apa saja
[Jawaban Salah]

d. bilangan real
[Jawaban Salah]

e. karakter
[Jawaban Salah]



18. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai algoritma perulangan dengan

a. Dapat dikonversikan dalam bentuk WHILE DO
[Jawaban Salah]

b. Banyaknya iterasi sudah ditentukan
[Jawaban Salah]

c. Tidak dapat diubah dalam bentuk pencacah naik
[Jawaban Salah]

d. Dapat menggunakan variabel bertipe karakter sebagai pencacah
[Jawaban Benar]

e. Dapat digunakan sebagai algoritma untuk menentukan baris bilangan
[Jawaban Salah]



19. Algoritma HitungUlang

a. 0
[Jawaban Salah]

b. 10
[Jawaban Salah]

c. 20
[Jawaban Salah]

d. 25
[Jawaban Salah]

e. 100
[Jawaban Benar]



20. Algoritma HitungMundur

a. 0
[Jawaban Salah]

b. 7
[Jawaban Salah]

c. 8
[Jawaban Salah]

d. 9
[Jawaban Salah]

e. 10
[Jawaban Benar]



21. Algoritma ganjilGenap

a. Input pengertian perulangan itu sendiri
[Jawaban Salah]

b. pengguna dapat menentukan bilangan ganjil genap sebanyak yang dia mau
[Jawaban Benar]

c. Pengguna dapat berhenti jika dia tidak mengetikan karakter ‘y’
[Jawaban Salah]

d. Algoritma di atas dapat diubah dalam struktur WHILE DO
[Jawaban Salah]

e. Iteratornya adalah variabel pilihan
[Jawaban Salah]



22. Algoritma PerulanganAkhir

a. 19
[Jawaban Salah]

b. 26
[Jawaban Salah]

c. 35
[Jawaban Benar]

d. 36
[Jawaban Salah]

e. 40
[Jawaban Salah]



23. Algoritma UlangAlik

a. 20
[Jawaban Benar]

b. 24
[Jawaban Salah]

c. 28
[Jawaban Salah]

d. 32
[Jawaban Salah]

e. 36
[Jawaban Salah]



24. Algoritma UlangAlik

a. 28
[Jawaban Salah]

b. 29
[Jawaban Salah]

c. 30
[Jawaban Benar]

d. 31
[Jawaban Salah]

e. 32
[Jawaban Salah]



25. Algoritma

a. TotalGaji > GajiPokok
[Jawaban Salah]

b. TotalGaji < GajiPokok
[Jawaban Salah]

c. TotalGaji = GajiPokok
[Jawaban Benar]

d. TotalGaji = 1%xOmsetJual
[Jawaban Salah]

e. TotalGaji > 1% x OmsetJual
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal UTS PEMROGRAMAN DASAR | COMPUTERS 2022/2023 dengan Kunci Jawaban, Semoga bermanfaat

Kelas 10 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.