Notifikasi

3+ Kumpulan Soal KETENAGAKERJAAN 2 | OTHER Lengkap dengan Kunci Jawaban

Hai, Apa kabar?.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 27-Sep-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang KETENAGAKERJAAN 2 | OTHER yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas University di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

3+ Soal KETENAGAKERJAAN 2 | OTHER 2022/2023 Lengkap



1. Apakah yang melatarbelakangi pemerintah menerapkan PP No. 5 Tahun 2003

a. Yang melatarbelakangi pemerintah menerapkan PP No. 5 Tahun 2003 adalah berdasarkan kenyataan bahwa masih banyak pekerja yang memperoleh penghasilan dalam sebuah di atas penghasilan tidak kena pajak, namun masih di bawah atau sebesar UMP atau upah minimum kabupaten/kota. Akibatnya, pekerja tersebut dikenakan PPh pasal 21 atas penghasilannya, sehingga mungkin mengurangi kesejahteraan pekerja yang bersangkutan. Oleh karena itu, untuk penghasilan pekerja sampai dengan sebesar UMP atau upah minimum, pajak penghasilan yang terutang atas penghasilan tersebut ditanggung oleh pemerintah.
[Jawaban Benar]



2. Ada pendapat yang menyatakan bahwa sekolah kejuruan merupakan salah satu solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran.Setujukah kalian dengan pendapat tersebut?Tuliskan pendapat kalian.

a. Setuju. Karena di sekolah kejuruan diajarkan beberapa keahlian/keterampilan seperti otomotif, tata boga, tata busana, bisnis manajemen, seni tari, seni teater, keperawatan dll, yang gunanya ketika dia sudah menyelesaikan sekolahnya dia sudah dibekali ilmu dan pengetahuan di bidangnya sehingga diharapkan dapat menjadi seorang wirausaha dan bisa membuka lapangan pekerjaan.
[Jawaban Benar]



3. Apa pengaruh tingkat pendidikan terhadap terhadap tenaga kerja?

a. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin tinggi nilai dan kualitas kinerjanya. Selain itu semakin tinggi pendidikan seorang tenaga kerja dan itu akan mempengaruhi kualitas produk yang diproduksi. Hal tersebut akan berdampak meningkatkan daya saing suatu produk.
[Jawaban Benar]



4. Jelaskan 3 upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja.

a. dengan cara meningkatkan pendidikan formal, pelatihan kerja sesuai dengan formasi, peningkatan kesehatan dan perbaikan gizi, dan proyek magang bagi calon tenaga kerja.
[Jawaban Benar]



5. Krisis ekonomi yang dialami oleh suatu Negara berdampak sangat besar kepada perusahaan-perusahaan yang bernaung di bawahnya. Sulitnya perekonomian ditambah dengan rendahnya nilai tukar mata uang akibat krisis ekonomi mengakibatkan banyak perusahaan yang harus gulung tikar dan merumahkan karyawannya. PHK besar-besaran tak terbantahkan, sehingga mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran, dampak sosial apa yang mungkin terjadi akibat dari kejadian ini, mengapa demikian ?

a. Tingginya tingkat pengangguran dalam segi ekonomi akan menurunkan nilai pendapatan per kapita Negara, namun dalam sisi sosialnya akan menyebabkan timbulnya berbagai macam kejahatan, mengapa bisa demikian? Sebab setiap orang memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satu cara memenuhi kebutuhannya adalah dengan bekerja, namun ketika terjadi PHK dimana-mana dan angka pengangguran terlampau tinggi, maka hal ini akan mendesak masyarakat untuk melakukan berbagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya termasuk melakukan perampokan dan yang lainnya, sebab ketika perekonomian memburuk, maka ini akan berdampak juga kepada peluang kerja masyarakat yang akan menyempit dan akhirnya menyisakan masyarakat tanpa pekerjaan.
[Jawaban Benar]



Demikian Kumpulan Soal KETENAGAKERJAAN 2 | OTHER Lengkap dengan Kunci Jawaban, Raih Mimpimu Sob

Kelas University Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.