Notifikasi

8+ Kumpulan Soal QUIZ TEKS EDITORIAL | Lengkap dengan Kunci Jawaban

Halo semuanya.. sahabat, Di website caktekno.com hari ini 19-Sep-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang QUIZ TEKS EDITORIAL | yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 12 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal QUIZ TEKS EDITORIAL | 2022/2023 Lengkap



1. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5).

a. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/SMP/SD di Merauke, Papua, mencapai 95%.
[Jawaban Salah]

b. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan.
[Jawaban Salah]

c. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke
[Jawaban Salah]

d. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%.
[Jawaban Benar]



2. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.

a. Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air.
[Jawaban Salah]

b. Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal.
[Jawaban Salah]

c. Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.
[Jawaban Salah]

d. Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%.
[Jawaban Benar]



3. Namun, satu hal yang sama-sama menjadi perhatian adalah memajukan mutu pendidikan secara nasional.

a. Namun
[Jawaban Salah]

b. Yang
[Jawaban Salah]

c. Menjadi
[Jawaban Benar]

d. Memajukan
[Jawaban Salah]

e. Secara
[Jawaban Salah]



4. Dua solusi yang ditawarkan dalam editorial ini adalah pemanfaatan kemajuan teknologi melalui program palapa ring dan belajar dengan pengalaman yang ada.

a. Pemecahan
[Jawaban Salah]

b. Jalan keluar
[Jawaban Benar]

c. Jawaban benar
[Jawaban Salah]

d. Pencapaian
[Jawaban Salah]



5. Meski lulus dengan persentase tinggi, dari kawasan Indonesia timur masih timbul kerisauan tentang bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini kerisauan yang harus kita pikirkan upaya mengatasinya. Sejumlah putra Indonesia timur, seperti dari Papua atau NTT, berhasil menunjukkan intelegensia tinggi, seperti unggul dalam olimpiade fisika. Tugas kita berikutnya, bagaimana kita menjadikan itu sebagai pola, bukan kasus.

a. Banyak ajang yang berhasil dijuarai putra putri Jawa
[Jawaban Salah]

b. Upaya pemerintah menjadikan lulusan asal Jawa lebih maju daripada Indonesia timur
[Jawaban Salah]

c. Upaya menyamakan persaingan lulusan Indonesia timur dengan Jawa
[Jawaban Benar]

d. Menjadikan pola, bukan kasus
[Jawaban Salah]



6. (1) Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. (2) Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. (3) Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. (4) Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setaraf dengan lulusan setingkat dari Jawa.

a. 3
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Benar]

c. 4
[Jawaban Salah]

d. 1
[Jawaban Salah]



7. (1) Mari kita jadikan pasca-UN sebagai momentum berbenah. (2) Sebagai bangsa pembelajar, (3) jangan lagi kita mendengar kabar serupa tahun depan, (4) karena hakikat pembelajaran adalah dicapainya perbaikan, (5) bukan pencapaian yang sama dengan kemarin, apalagi lebih buruk.

a. 3
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Salah]

c. 4
[Jawaban Salah]

d. 1
[Jawaban Benar]

e. 5
[Jawaban Salah]



8. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan. Luas areal yang teserang banjir dan juga puso tahun ini lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani.

a. Berbagai kalangan mengingatkan impor beras merupakan kebijakan yang memukul kalangan petani karena harga gabah menjadi turun.
[Jawaban Salah]

b. Laporan Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian, Sutarto Alimoeso, di Jakarta, Rabu tanggal 11 Januari yang lalu.
[Jawaban Salah]

c. Banjir yang terjadi di sejumlah daerah belum mengancam produksi pangan karena areal yang terserang lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.
[Jawaban Benar]

d. Bencana Banjir dan puso yang melanda berbagai daerah di Indonesia pada tahun ini belum dirasakan mengancam para petani karena lebih kecil.
[Jawaban Salah]



9. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.

a. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
[Jawaban Benar]

b. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan sepuluh orang meninggal.
[Jawaban Salah]

c. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah kabar.
[Jawaban Salah]

d. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
[Jawaban Salah]



10. Aksi mundur Persebaya itu menurut PSSI sebagai tindakan yang nyata-nyata menodai fair play FIFA. Mengenai sejumlah alasan mundur yang disampaikan Persebaya ke PSSI itu. Komisi Disiplin menganggap tidak ada hal dapat mengganggu kenyamanan terhadap pemain dan official Persebaya untuk bertanding. PSSI juga menilai Piala Presiden yang diserahkan kepada pihak ketiga merupakan tindakan “ penghinaan” terhadap PSSI sebagai lembaga tertinggi sepak bola di tanah air.

a. PSSI sebagai lembaga tertinggi persepakbolaan Indonesia merasa terhina.
[Jawaban Salah]

b. Mundurnya Persebaya menodai Fair Play FIFA dan “ penghinaan” terhadap PSSI.
[Jawaban Benar]

c. Persebaya mundur dari kejuaraan Piala Presiden menodai PSSI
[Jawaban Salah]

d. PSSI sebagai lembaga tertinggi persepakbolaan Indonesia merasa terhina.
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal QUIZ TEKS EDITORIAL | Lengkap dengan Kunci Jawaban, Perjalanan Masih Panjang Sob

Kelas 12 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.