VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

87+ Kumpulan Soal PEMOGRAMAN DASAR | COMPUTERS Sederajat dengan Kunci Jawaban

Selamat pagi.. sobat, Di website caktekno.com hari ini 16-Sep-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang PEMOGRAMAN DASAR | COMPUTERS yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 1st di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

87+ Soal PEMOGRAMAN DASAR | COMPUTERS 2022/2023 Lengkap



1. Suatu proses yang meliputi menulis, testing, memperbaiki, dan memaintenace (memelihara) perintah-perintah (kode/ script) sebuah program komputer disebut dengan ....

a. Pemograman Dasar
[Jawaban Benar]

b. Algoritma
[Jawaban Salah]

c. Pseudecode
[Jawaban Salah]

d. Flowchart
[Jawaban Salah]



2. Setelah data di inputkan maka akan ...... menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan (storage).

a. diproses
[Jawaban Benar]

b. diinput
[Jawaban Salah]

c. ditampilkan
[Jawaban Salah]

d. disalin
[Jawaban Salah]



3. Pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input disebut dengan ....

a. Oiginating
[Jawaban Benar]

b. Distribution
[Jawaban Salah]

c. Output
[Jawaban Salah]

d. Input
[Jawaban Salah]



4. Menghubungkan pengguna dengan mesin komputer dengan menerjemahkan perintah yang dapat dimengerti oleh komputer adalah tugas dari ....

a. Input - output
[Jawaban Salah]

b. Bahasa Pemograman
[Jawaban Benar]

c. Flowchart
[Jawaban Salah]

d. Instruksi
[Jawaban Salah]



5. Bahasa tingkat tinggi merupakan Bahasa yang sudah mendekati bahasa manusia, contoh software yang memiliki bahasa tingkat tinggi adalah ....

a. Asembler
[Jawaban Salah]

b. Java
[Jawaban Benar]

c. Javva
[Jawaban Salah]

d. Coding
[Jawaban Salah]



6. Bahasa pemograman yang dapat dijalankan disemua platform dan OS yang berbeda-beda adalah ....

a. Php
[Jawaban Salah]

b. Java
[Jawaban Benar]

c. C++
[Jawaban Salah]

d. C
[Jawaban Salah]



7. Algoritma disusun dalam bentuk kalimat, sedangkan flowchart disusun menggunakan ....

a. balok
[Jawaban Salah]

b. grafis
[Jawaban Benar]

c. grafik
[Jawaban Salah]

d. tabel
[Jawaban Salah]



8. Software aplikasi biasanya berbasis GUI yang digunakan sebagai tempat menuliskan setiap baris-baris kode bahasa pemrograman disebut dengan ....

a. IDE
[Jawaban Benar]

b. Editor Kode (Code Editor)
[Jawaban Salah]

c. Debugger
[Jawaban Salah]

d. Intelegent Code
[Jawaban Salah]



9. Simbol Flowchart yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer/pc adalah ....

a. Simbol proses
[Jawaban Benar]

b. Simbol manual operasi
[Jawaban Salah]

c. Simbol Terminator
[Jawaban Salah]

d. Simbol Display
[Jawaban Salah]



10. Simbol flowchart berfungsi untuk pelaksanaan suatu bagian (sub-program)/prosedure disebut dengan ....

a. Symbol Predefine Proses
[Jawaban Benar]

b. Symbol Display
[Jawaban Salah]

c. Symbol Prosess
[Jawaban Salah]

d. Symbol Disk and On-line Storage
[Jawaban Salah]



11. Bahasa Pemograman C++ diciptakan satu decade setelah bahasa pemograman C. diciptakan oleh Bjarne Strourstroup dari Laboratorium Bell, AT&T pada tahun ?

a. 1987
[Jawaban Salah]

b. 1982
[Jawaban Salah]

c. 1983
[Jawaban Benar]

d. 1980
[Jawaban Salah]



12. Bahasa Pemograman C++ diberi nama oleh Rick Mascitti, namun pada awal pembuatannya di beri nama?

a. A better C
[Jawaban Benar]

b. A better A
[Jawaban Salah]

c. A better B
[Jawaban Salah]

d. A better D
[Jawaban Salah]



13. Hal yang menjadi catatan penting dalam pemograman C++ bahwa Program C++ bersifat Case Sensitive. Maksud dari sifat tersebut adalah……..

a. Semua character di anggap sama
[Jawaban Salah]

b. Huruf kecil dan besar disamakan
[Jawaban Salah]

c. Huruf besar dan kecil di anggap beda
[Jawaban Benar]

d. Tidak boleh memakai 2 file header
[Jawaban Salah]



14. Perintah Cin pada Program C++ digunakan untuk ?

a. Menginput suatu nilai dari suatu piranti masukan (keyboard)
[Jawaban Benar]

b. Menampilkan data pada layar
[Jawaban Salah]

c. Mpendeklarasian variable
[Jawaban Salah]

d. Mengulang proses looping pada program
[Jawaban Salah]



15. Bahasa c++ diperkenalkan pertama kali pada tahun?

a. 1970
[Jawaban Salah]

b. 1973
[Jawaban Salah]

c. 1980
[Jawaban Salah]

d. 1983
[Jawaban Benar]



16. Suatu tempat data yang mempunyai nilai atau data yang berubah-ubah disebut?

a. Tipe data
[Jawaban Salah]

b. Main
[Jawaban Salah]

c. Variabel
[Jawaban Benar]

d. Konstanta
[Jawaban Salah]



17. Perintah yang digunakan untuk membaca inputan pada c++ adalah...

a. Printf
[Jawaban Salah]

b. Cout
[Jawaban Salah]

c. Puts
[Jawaban Salah]

d. Cin
[Jawaban Benar]



18. Dibawah ini merupakan tipe data bilangan bulat....

a. Int
[Jawaban Benar]

b. Char
[Jawaban Salah]

c. String
[Jawaban Salah]

d. Cin
[Jawaban Salah]



19. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Diagram
[Jawaban Salah]



20. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah :

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membeli kompute
[Jawaban Salah]

c. Membuat Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Mempelajari program
[Jawaban Salah]



21. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
[Jawaban Benar]

c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

d. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]



22. Apabila a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :

a. a=0 , b=5
[Jawaban Salah]

b. a=10 , b=0
[Jawaban Salah]

c. a=10 , b=5
[Jawaban Salah]

d. a=10 , b=10
[Jawaban Benar]



23. struktur pertama dalam pascal adalah . .

a. Uses crt;
[Jawaban Benar]

b. Writeln
[Jawaban Salah]

c. String
[Jawaban Salah]

d. Char;
[Jawaban Salah]



24. Apa kepanjangan ari USES…

a. Uni t syntax
[Jawaban Salah]

b. Unit secure
[Jawaban Salah]

c. Unit sytem
[Jawaban Benar]

d. Unit smiconductor
[Jawaban Salah]



25. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut…

a. Linier
[Jawaban Salah]

b. Tipe Data
[Jawaban Benar]

c. Output
[Jawaban Salah]

d. Universal
[Jawaban Salah]



26. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil.

a. Input
[Jawaban Benar]

b. File
[Jawaban Salah]

c. Masalah
[Jawaban Salah]

d. Database
[Jawaban Salah]



27. Ada beberapa jenis editor yang dapat digunakan untuk membuat dan menuliskan skrip PHP, diantaranya adalah ….

a. Notepad, adobe dreamweaver, macromedia firework
[Jawaban Salah]

b. Macromedia dreamweaver, notepad, editplus
[Jawaban Benar]

c. Editplus, adobe director, notepad
[Jawaban Salah]

d. Macromedia firework, mocrosoft frontpage, editplus
[Jawaban Salah]



28. Untuk membuat file PHP maka ekstensi yang harus ditambahkan adalah ...

a. HTML
[Jawaban Salah]

b. PHP
[Jawaban Benar]

c. JSP
[Jawaban Salah]

d. CSS
[Jawaban Salah]



29. Dalam menyusun suatu program, tentunya kita akan membuat kerangka dari sebuah program tersebut, istilah lain atau langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat program tersebut adalah.

a. Proses Program
[Jawaban Salah]

b. Membuat Program
[Jawaban Salah]

c. Membuat Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Semua Jawaban Benar
[Jawaban Salah]



30. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks(cara penulisan) menyerupai bahasa pemograman disebut

a. Bahasa Pemrograman
[Jawaban Salah]

b. Pseudocode
[Jawaban Benar]

c. Algoritma
[Jawaban Salah]

d. Flowchart
[Jawaban Salah]



31. Nilai dari sebuah data bermacam-macam, tergantung dari data yang ingin kita hasilkan, adapun nilai data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah.

a. Bilangan Logika
[Jawaban Salah]

b. Bilangan Real
[Jawaban Salah]

c. Bilangan Bulat
[Jawaban Benar]

d. Bilangan Campuran
[Jawaban Salah]



32. Di bawah merupakan berbagai macam tipe data pada sebuah pemrograman, tipe data dibawah ini yang termasuk bilangan bulat adalah.

a. Char
[Jawaban Salah]

b. Float
[Jawaban Salah]

c. Boolean
[Jawaban Salah]

d. Integer
[Jawaban Benar]



33. Di Bawah ini merupakan beberapa contoh dari operator, kecuali....

a. Aritmatika
[Jawaban Salah]

b. Increment
[Jawaban Salah]

c. Variabel
[Jawaban Benar]

d. Logika
[Jawaban Salah]



34. Salah satu operator logika berikut ini adalah akan bernilai benar “True” apabila salah satu kondisi terpenuhi, dan bernilai salah “False” jika semua kondisi tidak terpenuhi, operator tersebut menggunakan lambang;

a. &&
[Jawaban Salah]

b. !!
[Jawaban Salah]

c. ||
[Jawaban Benar]

d. ==
[Jawaban Salah]



35. Berikut ini merupakan jenis-jenis operator, lambang "&&" merupakan lambang dari operator :

a. AND
[Jawaban Benar]

b. OR
[Jawaban Salah]

c. NOT
[Jawaban Salah]

d. Semua Jawaban Benar
[Jawaban Salah]



36. Manakah di bawah ini simbol operator yang nilai akhir akan kebalikan dari nilai awal atau akan bernilai akhir “True” jika nilai awal “False” dan sebaliknya;

a. &&
[Jawaban Salah]

b. ||
[Jawaban Salah]

c. !!
[Jawaban Salah]

d. !
[Jawaban Benar]



37. Operator yang digunakan pada bahasa pemrograman untuk menyatakan tidak sama dengan adalah...?

a. >=
[Jawaban Salah]

b. <=
[Jawaban Salah]

c. !=
[Jawaban Benar]

d. &=
[Jawaban Salah]



38. Simbol bangun ruang berbentuk persegi panjang pada flowchart berfungsi untuk.

a. Menggambarkan proses secara komputerisasi
[Jawaban Benar]

b. Menginputkan data secara manual
[Jawaban Salah]

c. Proses manual
[Jawaban Salah]

d. Untuk Hasil dari Sebuah Program
[Jawaban Salah]



39. Suatu metode yang menekankan penulisan logika penyelesaian masalah menggunakan bahasa yang disamarkan dari bahasa pemrograman disebut metode penulisan .

a. Flowchart
[Jawaban Salah]

b. Pseudocode
[Jawaban Benar]

c. Bahasa alami
[Jawaban Salah]

d. Semua Jawaban Benar
[Jawaban Salah]



40. Perhatikan penulisan algortima berikut ini;

a. Menghitung jumlah gelas yang digunakan
[Jawaban Salah]

b. Menghitung jumlah bejana
[Jawaban Salah]

c. Menghitung jumlah tamu
[Jawaban Benar]

d. Semua Pilihan Salah
[Jawaban Salah]



41. Nilai Phi =3.14 adalah nilai yang tidak dapat di ubah, dikarnakan nilai tersebut merupakan nilai ketetapan untuk phi yang tidak bisa diubah, nilai phi merupakan contoh untuk penggunaan;

a. Tipe Data
[Jawaban Salah]

b. Variabel
[Jawaban Salah]

c. Flowchart
[Jawaban Salah]

d. Konstanta
[Jawaban Benar]



42. Perhatikan algoritma berikut.

a. Integer
[Jawaban Salah]

b. Float
[Jawaban Salah]

c. Char
[Jawaban Benar]

d. String
[Jawaban Salah]



43. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :

a. Pada Saat Verifikasi Program
[Jawaban Salah]

b. Sebelum Pembuatan Program
[Jawaban Benar]

c. Sesudah Pembuatan Progam
[Jawaban Salah]

d. Pada Saat Dijalankan Program
[Jawaban Salah]



44. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
[Jawaban Benar]



45. Diketahui bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN kantong P yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :

a. 10
[Jawaban Salah]

b. 15
[Jawaban Salah]

c. 10 atau 15
[Jawaban Benar]

d. 10 dan 15
[Jawaban Salah]



46. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :

a. Merah
[Jawaban Salah]

b. Ungu
[Jawaban Benar]

c. Hijau
[Jawaban Salah]

d. Abu-Abu
[Jawaban Salah]



47. Bilangan yang mengadung pecahan ,palingsedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal termasuk dalm tipe data...

a. Real
[Jawaban Benar]

b. Integer
[Jawaban Salah]

c. Boolean
[Jawaban Salah]

d. Char
[Jawaban Salah]



48. Struktur Pemilihan juga dekenal dengan sebutan ...

a. Struktur Pertukaran Data
[Jawaban Salah]

b. Struktur Input
[Jawaban Salah]

c. Struktur Output
[Jawaban Salah]

d. Struktur Percabangan
[Jawaban Benar]



49. Tag tabel adalah….

a. <table>..</table>
[Jawaban Benar]

b. </table>..<table>
[Jawaban Salah]

c. </table>..</table>
[Jawaban Salah]

d. <table>..<table>
[Jawaban Salah]



50. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Step
[Jawaban Salah]

e. Diagram
[Jawaban Salah]



51. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :

a. Bahasa pemograman
[Jawaban Benar]

b. Bahassa Inggris
[Jawaban Salah]

c. Bahasa Puitis
[Jawaban Salah]

d. Sembarang bahasa asal terstruktur
[Jawaban Salah]

e. Bahasa Mesin
[Jawaban Salah]



54. Pekerjaan seorang programmer adalah sebagai berikut, kecuali . . . .

a. Coding
[Jawaban Salah]

b. Debugging
[Jawaban Salah]

c. Kompilasi
[Jawaban Salah]

d. Sosialisasi
[Jawaban Benar]



55. Proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program Komputer disebut . . . .

a. Programmer
[Jawaban Salah]

b. Pemrograman
[Jawaban Benar]

c. Algoritma
[Jawaban Salah]

d. Program
[Jawaban Salah]



56. Aplikasi perangkat lunak yang digunakan programmer untuk menulis, mengompile, mencari kesalahan, dan menyebarkan program adalah . . . .

a. Adobe Premiere
[Jawaban Salah]

b. Wordpad
[Jawaban Salah]

c. Netbeans
[Jawaban Benar]

d. Adobe Firework
[Jawaban Salah]



57. The --------------------------------- control specifies whether or not a particular user has logged on to the website.

a. LoginName
[Jawaban Salah]

b. LoginStatus
[Jawaban Benar]

c. UserName
[Jawaban Salah]

d. LoginView
[Jawaban Salah]



58. Choose the correct HTML element for the largest heading:

a. <head>
[Jawaban Salah]

b. <h1>
[Jawaban Benar]

c. <heading>
[Jawaban Salah]

d. <h6>
[Jawaban Salah]



59. What is the proper way to start writing a webpage?

a. Start with the <html> tag
[Jawaban Benar]

b. Start with the <head> tag
[Jawaban Salah]

c. Start with the <footer> tag
[Jawaban Salah]

d. Don't use anything at all and just go at it
[Jawaban Salah]



60. Which of these elements are all <table> elements?

a. <table><tt><td>
[Jawaban Salah]

b. <tbl><tr><td>
[Jawaban Salah]

c. <table><tr><td>
[Jawaban Benar]

d. <tbl><tt><td>
[Jawaban Salah]



61. Which of the following are the correct ways to implement CSS?

a. Inline
[Jawaban Salah]

b. Internal
[Jawaban Salah]

c. External
[Jawaban Salah]

d. All of the above
[Jawaban Benar]



62. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah :

a. Membuat program
[Jawaban Salah]

b. Membuat algoritma
[Jawaban Benar]

c. Membeli komputer
[Jawaban Salah]

d. Mempelajari program
[Jawaban Salah]

e. Proses
[Jawaban Salah]



63. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :

a. Proses
[Jawaban Salah]

b. Program
[Jawaban Salah]

c. Algoritma
[Jawaban Benar]

d. Step
[Jawaban Salah]

e. Diagram
[Jawaban Salah]



64. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :

a. Bahasa pemograman
[Jawaban Benar]

b. Bahassa Inggris
[Jawaban Salah]

c. Bahasa Puitis
[Jawaban Salah]

d. Sembarang bahasa asal terstruktur
[Jawaban Salah]

e. Bahasa Mesin
[Jawaban Salah]



65. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :

a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]

d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
[Jawaban Benar]

e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
[Jawaban Salah]



66. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :

a. Merah
[Jawaban Salah]

b. Unggu
[Jawaban Benar]

c. Hujau
[Jawaban Salah]

d. Putih
[Jawaban Salah]

e. Abu-Abu
[Jawaban Salah]



67. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :

a. 15 dan 0
[Jawaban Salah]

b. 0 dan 15
[Jawaban Salah]

c. 15 dan 15
[Jawaban Benar]

d. 0 dan 10
[Jawaban Salah]

e. 10 dan 15
[Jawaban Salah]



68. Untuk melihat hasil dari program yang di kerjakan tekan tombol ...

a. CRTL+F5
[Jawaban Salah]

b. CRTL+F3
[Jawaban Salah]

c. CRTL+F9
[Jawaban Benar]

d. CRTL+F12
[Jawaban Salah]

e. CRTL+F4
[Jawaban Salah]



69. Struktur bahasa pemograman pascal paling pertama adalah...

a. Var;
[Jawaban Salah]

b. Begin
[Jawaban Salah]

c. Uses crt;
[Jawaban Benar]

d. End;
[Jawaban Salah]

e. Writeln;
[Jawaban Salah]



70. Istilah” perulangan “ dalam pemograman pascal dikenal dengan ...

a. Repeating
[Jawaban Salah]

b. Again
[Jawaban Salah]

c. Looping
[Jawaban Benar]

d. Funtion
[Jawaban Salah]

e. Replay
[Jawaban Salah]



71. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari...

a. Dxdiag
[Jawaban Salah]

b. Flowchart
[Jawaban Benar]

c. Begin
[Jawaban Salah]

d. SI
[Jawaban Salah]

e. Sistem oprasi
[Jawaban Salah]



72. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagi ...

a. Byte
[Jawaban Salah]

b. Char
[Jawaban Salah]

c. Integer
[Jawaban Benar]

d. String
[Jawaban Salah]

e. Boolean
[Jawaban Salah]



73. Int x, y, z;

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Benar]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 5
[Jawaban Salah]



74. Boolean x = 15 > 25

a. True,lebih besar
[Jawaban Salah]

b. True, lebih kecil
[Jawaban Salah]

c. False, lebih kecil
[Jawaban Benar]

d. True, sama dengan
[Jawaban Salah]



75. Int x, y, z;

a. 1
[Jawaban Salah]

b. 2
[Jawaban Benar]

c. 3
[Jawaban Salah]

d. 4
[Jawaban Salah]



76. Dibawah ini yang merupakan operator Bitwise adalah . . . .

a. &
[Jawaban Benar]

b. *
[Jawaban Salah]

c. /
[Jawaban Salah]

d. <=
[Jawaban Salah]



77. Orang -orang yang menulis perangkat lunak komputer disebut dengan . . . .

a. Programmer
[Jawaban Benar]

b. Algoritma
[Jawaban Salah]

c. Pemrograman
[Jawaban Salah]

d. Program
[Jawaban Salah]



78. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat . . . .

a. Sebelum pembuatan program
[Jawaban Benar]

b. Pada saat program dibuat
[Jawaban Salah]

c. Sesudah pembuatan program
[Jawaban Salah]

d. Pada saat verifikasi program
[Jawaban Salah]



79. Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat project baru adalah . . . .

a. File > New Project
[Jawaban Benar]

b. File > New File`
[Jawaban Salah]

c. Edit > New File
[Jawaban Salah]

d. Files > New > New Project
[Jawaban Salah]



80. Dibawah in yang bukan keuntungan menggunakan metode penulisan algoritma dengan Natural Language adalah . . . .

a. Tidak sulit dalam mempelajarinya karena tidak memiliki aturan standar dalam penulisannya
[Jawaban Salah]

b. Mudah penulisannya
[Jawaban Salah]

c. Pemahaman dalam pembacaan algoritma menjadi sulit
[Jawaban Benar]

d. Tidak membutuhkan tool atau software khusus dalam perancangannya
[Jawaban Salah]



81. Sebelum mulai melakukan kode program, sebaiknya diingat bahwa C++ bersifat Case Sensitive yang artinya adalah....

a. Huruf besar dan kecil dibedakan
[Jawaban Benar]

b. Angka besar dan kecil dibedakan
[Jawaban Salah]

c. Spasi dan jarak
[Jawaban Salah]

d. Run Program
[Jawaban Salah]

e. Compiler Program
[Jawaban Salah]



82. Suatu tipe data yang nilainya tidak dapat diubah - ubah (TETAP) adalah....

a. Variabel
[Jawaban Salah]

b. Identifier
[Jawaban Salah]

c. Real
[Jawaban Salah]

d. Konstanta
[Jawaban Benar]

e. Operator
[Jawaban Salah]



83. Pernyataan yang akan menyebabkan fungsi main() menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main adalah....

a. Main
[Jawaban Salah]

b. Include
[Jawaban Salah]

c. Iostream
[Jawaban Salah]

d. Cout
[Jawaban Salah]

e. Return
[Jawaban Benar]



84. Urutan langkah-langkah logis dan sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer adalah....

a. Algoritma pemrograman
[Jawaban Benar]

b. Fungsi pemrograman
[Jawaban Salah]

c. Mekanisme pemrograman
[Jawaban Salah]

d. Function pemrograman
[Jawaban Salah]

e. Variabel pemrograman
[Jawaban Salah]



85. Bilangan komputer berbasis 16 yang terdiri dari angka 0 sampai 9, A, B, C, D, E, F disebut dengan....

a. Bilangan decimal
[Jawaban Salah]

b. Bilangan octal
[Jawaban Salah]

c. Bilangan biner
[Jawaban Salah]

d. Bilangan qwerty
[Jawaban Salah]

e. Bilangan hexa decimal
[Jawaban Benar]



86. Perhatikan potongan script program berikut ini !

a. Function
[Jawaban Salah]

b. Algoritma
[Jawaban Salah]

c. Variabel
[Jawaban Salah]

d. Header
[Jawaban Benar]

e. Main Program
[Jawaban Salah]



87. Pada gambar diatas terdapat fungsi IF yang disimbolkan dengan symbol Decision/Percabangan, manakah yang tidak termasuk pernyataan yang benar !

a. Anak yang berusia lebih dari 18 tahun boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

b. Anak yang berusia tepat 18 tahun tidak boleh membuat SIM
[Jawaban Benar]

c. Anak yang berusia tepat 18 tahun boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

d. Anak yang berusia 17 tahun tidak boleh membuat SIM
[Jawaban Salah]

e. Untuk dapat membuat SIM haruslah anak yang berusia diatas 17 tahun
[Jawaban Salah]



88. Manakah yang tidak termasuk Operator Logika !

a. !
[Jawaban Salah]

b. &&
[Jawaban Salah]

c. | |
[Jawaban Salah]

d. Me
[Jawaban Benar]

e. And
[Jawaban Salah]



89. Apa makna SELECTION dalam struktur dasar Algoritma ?

a. Runtutan
[Jawaban Salah]

b. Pemilihan
[Jawaban Benar]

c. Pengulangan
[Jawaban Salah]

d. Percabangan
[Jawaban Salah]

e. Penjumlahan
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal PEMOGRAMAN DASAR | COMPUTERS Sederajat dengan Kunci Jawaban, Semoga membantu

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar