Notifikasi

8+ Kumpulan Soal TEKS CERAMAH KD 3.5 & 4.5 | OTHER 2022/2023 dengan Kunci Jawaban

Halo semuanya.. kawan, Di website caktekno.com hari ini 04-Oct-2022 kami menyediakan kumpulan soal, bank soal beserta daftar jawaban/kunci jawaban tentang TEKS CERAMAH KD 3.5 & 4.5 | OTHER yang sangat lengkap untuk semua jenjang pendidikan sebagai sarana belajar kamu belajar dan mengikuti PTS (Penilaian Tengah Semester)/UTS/Ulangan/Tugas Rumah/PR/Ujian Akhir untuk Kelas 12 di sekolah atau sebagai referensi soal untuk bapak dan ibu guru di sekolah. Soal latihan di website ini disusun secara struktur dan mempermudah siswa mempelajari dan menguasai mata pelajaran pada semester 1 dan 2 2022/2023.

8+ Soal TEKS CERAMAH KD 3.5 & 4.5 | OTHER 2022/2023 Lengkap



1. Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya.

a. pidato
[Jawaban Salah]

b. ceramah
[Jawaban Benar]

c. eksplanasi
[Jawaban Salah]

d. cerpen
[Jawaban Salah]

e. eksposisi
[Jawaban Salah]



2. Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya. Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak. Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan.

a. Berbakti kepada orang tua
[Jawaban Benar]

b. Mengenang jasa orang tua
[Jawaban Salah]

c. Mengenal perjuangan orang tua
[Jawaban Salah]

d. Kebaikan orang tua
[Jawaban Salah]

e. Orang tua dan anak
[Jawaban Salah]



3. Hadirin yang bahagia. Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.

a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi
[Jawaban Salah]

b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
[Jawaban Benar]

c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
[Jawaban Salah]

d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok
[Jawaban Salah]

e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
[Jawaban Salah]



4. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan hak-Nya.

a. Jiwa sosial
[Jawaban Benar]

b. Orang tua
[Jawaban Salah]

c. Kasih sayang
[Jawaban Salah]

d. Keadilan
[Jawaban Salah]

e. Keburukan
[Jawaban Salah]



5. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan hak-Nya.

a. Manfaat menghayati jiwa sosial.
[Jawaban Salah]

b. Sebagai umat manusia kita harus saling membantu sesama
[Jawaban Salah]

c. Jiwa sosial penting diterapkan di dalam keluarga.
[Jawaban Salah]

d. Pentingnya penerapan jiwa sosial di lingkungan keluarga, sanak saudara, maupun masyarakat.
[Jawaban Benar]

e. Jiwa sosial penting diterapkan di lingkungan masyarakat.
[Jawaban Salah]



6. Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas perlunya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. 1) Manusia terdiri dari jasmani dan rohani. 2) Jika keduanya berpisah, seseorang tidak dikatakan manusia hidup lagi. 3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya keduanya akan merasakan sakit dan sehat. 4) Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri, yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani yaitu spiritual atau mental. 5) oleh karena itu perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.

a. 1)
[Jawaban Salah]

b. 2)
[Jawaban Salah]

c. 3)
[Jawaban Salah]

d. 4)
[Jawaban Salah]

e. 5)
[Jawaban Benar]



7. Teman-teman yang berbahagia, perlu kita ketahui bahwa menonton televisi dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan otak terbiasa pada gambar-gambar visual yang bergerak cepat. Hal itu akan menyebabkan seseorang pelajar menjadi lebih cepat bosan terhadap kegiatan seperti membaca dan mendengarkan terutama di sekolah. Otak menjadi tidak terbiasa berkonsentrasi karena acara-acara di televisi kebanyakan tidak membutuhkan konsentrasi intelektual. Hal ini lah yang mengakibatkan pelajar yeng terlalu banyak menonton televisi memiliki masalah seperti malas belajar dan susah dalam konsentrasi ketika belajar. Dampak jangka panjangnya cukup mengkhawatirkan, pelajar yang tidak terbiasa berkonsentrasi pada saat kegiatan belajar karena terlalu sering menonton televise cenderung tidak ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

a. Bahaya menonton telvisi terlalu lama bagi kesehatan
[Jawaban Salah]

b. Kesulitan para pelajar dalam berkonsentrasi
[Jawaban Salah]

c. Pengaruh menonton televisi dalam jangka waktu lama terhadap kemauan belajar
[Jawaban Benar]

d. Menurunnya minat para pelajar untuk melanjutkan studi
[Jawaban Salah]

e. Menurunnya daya konsentrasi akibat menonton televisi dalam jangka waktu lama
[Jawaban Salah]



8. Berikut yang merupakan isi sebuah ceramah dengan tema “peringatan hari Sumpah Pemuda” adalah . . . .

a. Setelah masa pembodohan itu berakhir, nasib kaum wanita mulai diperhatikan. Mereka diperlakukan secara lebih terhormat dan diberikan hak-haknya yang sesuai dengan kodratnya
[Jawaban Salah]

b. Bagaimana perasaan kita tinggal di tempat yang tidak bersih? Tentu kita tidak nyaman. Mulai dari hal tersebut, marilah kita jaga kebersihan lingkungan kita agar tercipta kenyamanan dalam hidup!
[Jawaban Salah]

c. Remaja adalah masa di mana seseorang mengalami perubahan fisik dan mental secara cepat. Tidak selayaknya apabila masa-masa ini dilalui dnegan mencoba hal-hal batu yang bisa berdampak buruk bagi masa depan.
[Jawaban Salah]

d. Apalah arti uang dan fasilitas hidup yang melimpah bila kita tidak sehat. Tanpa kesehatan, seseorang manusia tidak akan mampu mendayagunakan seluruh akal dan pikirannya untuk diri dan sesamanya.
[Jawaban Salah]

e. Darah kita sama-sama merah, tulang kita sama-sama putih. Jadi, mengapa kita saling berseteru? Mari, kita bulatkan tekad untuk bersama-sama membangun negara kita tercinta ini.
[Jawaban Benar]



9. Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat serta mutu pendidikan pada semua jenjang, jalur dan jenis pendidikan. 2) Usaha itu merupakan pengembangan seluruh peserta didik agar mampu menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, berakhlak mulia, berbudi luhur, serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani. 3) Sehubungan dengan hal itu, hendaknya guru dalam proses belajar mengajar mampu memberikan inovasi. 4) Berilah orientasi pendidikan kecakapan hidup (life skill). 5) Oleh karena itu kegiatan pembelajaran hendaknya dijaga agar tetap dalam suasana menyenangkan, mengasyikan, dan mencerdaskan.

a. Keberhasilan suatu pendidikan sangat bergantung pada kecakapan hidup.
[Jawaban Salah]

b. Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik.
[Jawaban Salah]

c. Peserta didik di masa dating harus menguasai pengetahuan teknologi dan seni.
[Jawaban Salah]

d. Meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat Indonesia.
[Jawaban Salah]

e. Pemerintah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia
[Jawaban Benar]



10. Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik menganai makna sumpah pemuda.

a. Peringatan sumpah pemuda
[Jawaban Benar]

b. Mengenang ikrar para pemuda pada masa lampau
[Jawaban Salah]

c. Merenungkan ikrar sumpah pemuda
[Jawaban Salah]

d. Pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
[Jawaban Salah]

e. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
[Jawaban Salah]



Demikian Kumpulan Soal TEKS CERAMAH KD 3.5 & 4.5 | OTHER 2022/2023 dengan Kunci Jawaban, Semoga membantu

Kelas 12 Kumpulan Soal Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.