Notifikasi

Apa Hadis Tentang Qada Dan Qadar? [Terjawab]

Qada dan Qadar adalah istilah yang sering kita dengar dalam agama Islam. Istilah ini mengacu pada kemampuan Allah untuk menentukan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang apa artinya Qada dan Qadar. Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang hal ini, mari kita lihat beberapa hadis Nabi Muhammad SAW tentang Qada dan Qadar.

Apa Hadis Tentang Qada Dan Qadar? [Terjawab]

Rasulullah SAW menjelaskan tentang iman yang berkaitan dengan beriman kepada qada dan qadar dalam Hadist No. 09 Shahih Muslim Kitab Al-Iman. Beliau mengatakan, "Kamu harus percaya kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhirat dan juga taqdir baik atau buruk . . ."


1. "Allah tidak menyukai orang yang berputus asa dari rahmat-Nya, dan Allah tidak menyukai orang yang berputus asa dari qada-Nya." (HR. Bukhari)

2. "Barangsiapa yakin kepada qada Allah, maka ia akan merasakan ketenangan hati." (HR. Muslim)

3. "Qada adalah bagian dari takdir Allah." (HR. Tirmidzi)

4. "Tidak ada satu pun makhluk di bumi ini yang lebih baik atau lebih buruk daripada qadanya." (HR. Abu Dawud)

5. "Ketika seseorang mengakui qadanya, ia akan mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hati." (HR Ibn Majah)

Qada dan qadar adalah konsep yang sangat penting dalam agama Islam. Hadis mengatakan bahwa semua yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT. Kita tidak boleh berputus asa atau menyerah ketika menghadapi masalah, karena semuanya sudah diatur oleh Allah SWT. Jadi, jangan pernah berhenti berusaha dan selalu berserah kepada Allah SWT untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.