Notifikasi

Apa Perbedaan Qada Dan Qadar Yang Kalian Ketahui? [Terjawab]

Halo semuanya! Apa kabar?

Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara qada dan qadar. Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu apa itu qada dan qadar, atau mungkin ada juga yang sudah tahu tapi masih bingung dengan perbedaan antara keduanya. Jadi, mari kita simak bersama-sama ya!

Apa Perbedaan Qada Dan Qadar Yang Kalian Ketahui? [Terjawab]

Menurut istilah, Qada adalah ketetapan Allah yang sudah ditentukan sejak lama banget, sebelum kita lahir. Ketetapan itu tentang semua hal yang berhubungan dengan makhluk ciptaan-Nya. Sedangkan qadar adalah perwujudan dari ketetapan Allah itu, yaitu tentang semua hal yang berkenaan dengan makhluk-Nya yang sudah ada sejak zaman azali (dalam kandungan).


1. Qada adalah takdir yang telah ditentukan oleh Allah SWT, sedangkan qadar adalah ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

2. Qada merupakan keputusan akhir yang tidak bisa diubah, sedangkan qadar merupakan ketentuan yang bisa berubah sesuai dengan kehendak Allah SWT.

3. Qada mengacu pada peristiwa-peristiwa tertentu dan hasilnya, sedangkan qadar mengacu pada proses dan cara bagaimana hal itu terjadi.

4. Qada berfokus pada hasil akhir, sedangkan qadar berfokus pada proses menuju hasil akhir tersebut.

5. Qada melibatkan aspek fatalisme, sedangkan qadar melibatkan aspek kontrol manusia atas nasibnya sendiri dengan usaha dan doa-doanya kepada Allah SWT

Qada dan Qadar adalah dua konsep yang berbeda, tapi saling berkaitan. Qada adalah takdir yang telah ditetapkan oleh Allah untuk setiap orang, sedangkan Qadar adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan nasibnya sendiri dengan cara berusaha dan berdoa. Jadi, jika kita ingin mencapai tujuan hidup kita, maka kita harus bekerja keras dan berdoa agar Allah memberikan kemudahan bagi kita.

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.