Notifikasi

Apa Saja Ciri-Ciri Teks Berita? [Terjawab]

Halo semuanya! Apa kabar?

Kali ini saya akan membahas tentang ciri-ciri teks berita. Siapa sih yang tidak tahu tentang teks berita? Teks berita adalah salah satu jenis teks yang banyak digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Namun, tahukah kalian apa saja ciri-ciri dari sebuah teks berita? Jika belum, tenang saja! Di postingan kali ini saya akan menjelaskan secara detail ciri-ciri dari sebuah teks berita. Yuk, simak terus postingan ini sampai habis ya!

Apa Saja Ciri-Ciri Teks Berita? [Terjawab]

Teks berita informasi yang disajikan itu bersifat aktual dan umum. Bahasanya pun baku banget. Jangan lupa, fokusnya adalah pada peristiwa yang terjadi, bukan pelakunya. Oh ya, jangan lupa juga kalau dalam teks berita informasi ini menggunakan verba pewarta yang isinya kalimat-kalimat pemberitahuan informasi.


1. Menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas
2. Berisi informasi yang akurat dan terperinci
3. Memiliki judul yang menarik
4. Menggunakan kalimat pendek dan padat
5. Mengutip sumber-sumber yang dapat dipercaya
6. Terdiri dari beberapa bagian, seperti lede, tubuh berita, dan kutipan
7. Fokus pada fakta-fakta penting saja
8. Menyertakan gambar atau video untuk membantu menjelaskan isi berita
9. Ditulis dengan gaya objektif tanpa pandangan subjektif

Ciri-ciri teks berita adalah sebuah cara yang efektif untuk menyampaikan informasi penting kepada orang lain. Dengan menggunakan ciri-ciri ini, kita bisa memastikan bahwa informasi yang disampaikan benar dan akurat. Jadi, jika kamu ingin memberitakan sesuatu, pastikan untuk memperhatikan ciri-ciri teks berita agar informasimu dapat tersampaikan dengan baik!

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.