Notifikasi

Bagaimana Bentuk Uang Pada Masa Dulu? [Terjawab]

Kita semua pasti pernah mendengar kalimat "uang tidak bisa membeli segalanya". Namun, tahukah kamu bagaimana bentuk uang pada masa dulu? Uang yang berbeda dengan uang yang kita gunakan saat ini. Jika kamu penasaran, mari simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bentuk uang pada masa dulu!

Bagaimana Bentuk Uang Pada Masa Dulu? [Terjawab]

Menurut sejarah, Bangsa Lydia yang tinggal di Turki pada abad ke-6 SM adalah orang pertama yang menciptakan uang. Uang itu terbuat dari campuran emas dan perak dan berbentuk seperti kacang polong. Perbandingan emas dan peraknya adalah 75:25, jadi itu menjadi standar.


1. Uang Logam: seperti koin emas, perak, tembaga, dan logam lainnya yang digunakan sebagai alat tukar.

2. Uang Kertas: berupa uang kertas yang dicetak oleh pemerintah atau bank sentral untuk menggantikan uang logam.

3. Sistem Barter: sistem pertukaran barang atau jasa tanpa menggunakan uang tunai.

4. Uang Giral: bentuk uang yaitu cek dan giro yg diterbitkan oleh bank untuk memudahkan transaksi keuangan antara pihak-pihak tertentu tanpa harus menggunakan uang tunai secara langsung.

5. Uang Elektronik: bentuk pembayaran elektronik dengan menggunakan teknologi informasi seperti kartu debit dan kredit, transfer bank online, e-wallet dan lainnya

Dari masa ke masa, bentuk uang telah berubah. Dulu, orang menggunakan benda-benda seperti emas dan perak untuk membayar barang dan jasa. Namun, saat ini kita sudah menggunakan uang kertas ataupun digital untuk melakukan transaksi. Meskipun bentuknya berbeda, tujuan utama dari uang tetap sama yaitu untuk memudahkan transaksi antara satu orang dengan yang lainnya. Jadi meskipun bentuk uang pada masa dulu berbeda dengan sekarang, tujuannya tetap sama yaitu untuk mempermudah proses transaksi.

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.