Notifikasi

Berapa Jenis Teks Berita? [Terjawab]

Halo semuanya! Apa kabar?

Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis teks berita. Siapa sih yang tidak tahu tentang teks berita? Teks berita adalah salah satu bentuk tulisan yang banyak digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata ada beberapa jenis teks berita yang harus diketahui? Jadi, mari kita simak bersama-sama apa saja jenis-jenis teks berita dan bagaimana cara membedakannya!

Berapa Jenis Teks Berita? [Terjawab]

Berita langsung adalah berita yang menyajikan informasi secara faktual tanpa interpretasi. Berita opini adalah berita yang menyajikan pandangan atau pendapat penulisnya. Berita interpretatif adalah berita yang menyajikan informasi dengan cara memberi interpretasi atas fakta-fakta yang dikumpulkan. Berita investigasi adalah berita yang didasarkan pada hasil penelitian dan investigasi jurnalistik. Berita mendalam adalah berita yang membahas topik secara lebih dalam dan komprehensif, biasanya melibatkan wawancara dengan banyak sumber dan melibatkan analisis mendalam.


1. Teks Berita Investigasi
2. Teks Berita Feature
3. Teks Berita Aktualitas
4. Teks Berita Profil
5. Teks Berita Opini/Kolom
6. Teks Berita Wawancara
7. Teks Berita Review
8. Teks Berita Peristiwa
9. Teks Berita Analisis
10.TeksBeritahiburan

Berdasarkan penelitian, ternyata ada banyak jenis teks berita yang dapat kita temukan. Mulai dari teks berita laporan, wawancara, opini, dan masih banyak lagi. Jadi jangan heran kalau kamu sering melihat berbagai macam bentuk teks berita di media cetak maupun online.

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.