Notifikasi

Cara Screenshot di Komputer Chromebook

Chromebook telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan model-model baru yang tersedia untuk pelajar dan profesional. Laptop ini dilengkapi dengan banyak keuntungan, termasuk cara yang mudah dan efisien untuk membuat tangkapan layar. Baik Anda menggunakannya untuk pekerjaan rumah atau menangani proyek bisnis penting saat bekerja secara remote, tangkapan layar dapat menjadi alat yang berguna untuk berkomunikasi dengan rekan tim.

Berikut adalah beberapa cara berbeda yang dapat Anda gunakan untuk dengan mudah mengambil tangkapan layar di Chromebook dan beberapa alasan penting untuk menggunakan tangkapan layar setiap hari.

Apa itu tangkapan layar?

Tangkapan layar adalah gambar yang persis seperti tampilan layar Anda pada suatu saat tertentu. Bayangkan seperti foto tampilan layar Anda. Anda kemudian dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar.

Tangkapan layar umum digunakan pada semua jenis perangkat dengan layar, termasuk smartphone, laptop, dan komputer desktop. Namun, ada beberapa perbedaan ketika mengambil tangkapan layar dengan Chromebook Anda.

Bagaimana tangkapan layar berbeda di Chromebook?

Keyboard Chromebook memiliki karakteristik unik dan tidak termasuk beberapa tombol yang ada pada laptop berukuran penuh. Anda tidak akan melihat tombol F1 atau F2, misalnya.

Sebagai gantinya, Chromebook dilengkapi dengan tombol Show Windows yang menyerupai kotak dengan dua garis tegak-lurus di sebelah kanan. Anda dapat menemukan tombol ini di tengah baris atas keyboard Chromebook Anda. Anda akan menggunakan tombol ini cukup sering, termasuk untuk mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tips dalam panduan ini.

Jenis tangkapan layar

Mengambil tangkapan layar sangat mudah, tetapi mungkin Anda tidak ingin mengambil seluruh tampilan layar Chromebook Anda. Kabar baiknya adalah Anda memiliki beberapa pilihan:

  • Tangkapan layar penuh: mengambil gambar seluruh tampilan layar Anda.
  • Tangkapan layar sebagian: hanya mengambil bagian tertentu dari layar yang Anda pilih.
  • Tangkapan layar jendela: hanya mengambil jendela program atau aplikasi yang sedang aktif.

Anda juga dapat merekam video tampilan layar Anda, yang dikenal sebagai perekaman layar. Ini adalah cara yang bagus untuk menggunakan alat tangkapan layar.

Cara mengambil tangkapan layar di Chromebook

Tidak semua orang menggunakan keyboard Chromebook mereka dengan cara yang sama, oleh karena itu Google membuat beberapa metode berbeda untuk dengan cepat mengambil tangkapan layar. Gunakan salah satu di bawah ini yang paling sesuai dengan alur kerja Anda.

  1. Shortcut keyboard

Klik Ctrl+Show Windows untuk langsung mengambil tangkapan layar penuh. Ini tidak akan berfungsi untuk mengambil tangkapan layar sebagian atau tangkapan layar jendela, tetapi ini adalah cara tercepat untuk mengambil tangkapan layar di Chromebook.

Anda dapat menggunakan pintasan hotkey lainnya untuk mengakses toolbar Tangkapan Layar untuk jenis tangkapan layar lainnya. Cukup tekan Shift+Ctrl+Show Windows untuk melihat toolbar Tangkapan Layar di bagian bawah layar.

  1. Panel Pengaturan Cepat

Panel Pengaturan Cepat adalah cara lain untuk mengakses alat tangkapan layar. Ini berguna jika Anda lupa kombinasi hotkeys atau jika sulit bagi Anda untuk menahan tiga tombol secara bersamaan. Untuk mengakses Pengaturan Cepat, cari tombol pintas di Shelf Chromebook - tombol ini terletak di samping jam.

Dalam pengaturan, Anda akan melihat menu yang muncul di mana Anda dapat mencari tombol Tangkapan Layar untuk meluncurkan toolbar. Dari sana, Anda dapat mengambil jenis tangkapan layar yang Anda inginkan, baik itu tangkapan layar sebagian, tangkapan layar penuh, atau perekaman.

  1. Toolbar Tangkapan Layar

Ketika Anda mengakses toolbar Tangkapan Layar, Anda akan melihat banyak pilihan untuk membuat tangkapan layar penuh, tangkapan layar sebagian, atau perekaman video. Jika Anda ingin merekam pergerakan aktif di layar Anda, cukup ubah tombol dari gambar diam menjadi video di toolbar.

Anda bahkan dapat menambahkan suara ke klip Anda! Ikon pengaturan - yang menyerupai roda gigi - memungkinkan Anda memilih antara mikrofon yang dibisukan atau mikrofon yang aktif. Dengan mikrofon yang aktif, Anda dapat memberikan narasi pada video Anda, yang berguna untuk merekam arahan atau memberikan komentar.

  1. Aplikasi eksternal dari pihak ketiga

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan alat bawaan Chromebook. Beberapa program pihak ketiga terpercaya tersedia untuk ini, termasuk beberapa yang memungkinkan Anda membuat file .GIF atau mengedit tangkapan Anda.

Salah satu contohnya adalah SnagIt dari TechSmith. Ini tidak gratis, tetapi memiliki berbagai tambahan untuk membuat pengalaman tangkapan layar Anda sesuai dengan keinginan Anda. Ini juga mudah dibagikan dan diedit. Pastikan hanya membeli perangkat lunak yang kompatibel dengan Chrome OS terbaru sebelum membelinya.

Di mana menemukan tangkapan layar Anda

Anda baru saja mengambil tangkapan layar yang sempurna, tetapi apakah Anda tahu di mana menemukannya? Papan Klip Chrome menyimpan 5 hal terakhir yang Anda simpan di dalamnya, termasuk tangkapan layar, dan Anda dapat melihat item-item ini dengan menekan tombol Pencarian+V.

Jika Anda mengambil tangkapan layar sebelum tindakan tersebut, Anda dapat menemukan semua tangkapan layar Anda (termasuk yang lebih lama) di folder Tote di Shelf. Jika Anda tidak melihat tangkapan layar Anda di sini, cari di aplikasi Files, di bawah folder Images untuk gambar diam dan folder Videos untuk perekaman video.

Cara mengedit tangkapan layar dan video Anda

Saat Anda mengambil tangkapan layar Chromebook, Anda mungkin ingin mengeditnya agar sesuai dengan keinginan Anda. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang cara melakukannya.

Alat pengeditan Chrome OS

Anda dapat melakukan penyesuaian dasar dengan menggunakan alat pengeditan Chrome OS yang ada, termasuk pemotongan, rotasi, dan pengubah ukuran. Ini juga mencakup beberapa filter untuk mengubah warna dan nada, serta fitur anotasi.

Pilihan pihak ketiga

Jika Anda ingin melakukan banyak pengeditan, pertimbangkan menggunakan alat pihak ketiga seperti Canva atau PicMonkey. Kedua program ini memiliki versi percobaan gratis dan tutorial, sehingga Anda dapat mempelajari alat yang tersedia sebelum benar-benar mengedit tangkapan layar Anda.

Canva dan PicMonkey berbasis web, yang berarti Anda perlu mengunggah file foto Anda ke situs tersebut untuk mengeditnya. Hal baiknya adalah program-program ini tidak akan mengambil ruang pada hard drive internal Chromebook Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan Canva atau PicMonkey pada perangkat yang kompatibel lainnya untuk pengeditan atau pengunduhan ulang.

Apa yang harus dilakukan dengan perekaman video?

Anda dapat memodifikasi perekaman Anda sedikit, tetapi Chromebook bukanlah alat pengedit video dengan kekuatan tinggi. Oleh karena itu, Anda memiliki opsi terbatas untuk menyesuaikan file video Anda. Anda memiliki beberapa opsi dasar yang tersedia, seperti mengubah durasi video. Namun, lebih baik menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pengeditan intensif apa pun.

Cara mengelola tangkapan layar Anda

Tangkapan layar adalah bagian penting dari kehidupan digital. Mereka adalah cara yang sederhana untuk berbagi resep kreatif yang Anda temukan, meme lucu, atau komentar media sosial yang mengganggu yang ingin Anda laporkan karena pelecehan. Apapun yang Anda gunakan tangkapan layar untuk, Anda mungkin akan terbebani dengan file-file ini jika Anda mengambil beberapa tangkapan layar per hari dan tidak pernah mengatur atau menghapusnya.

Tangkapan layar membutuhkan ruang, terutama pada penyimpanan internal yang lebih kecil pada Chromebook Anda. Anda selalu dapat mencadangkan tangkapan layar Anda ke akun Google Photos Anda, yang merupakan cara terbaik untuk menyimpannya untuk digunakan nanti. Selain itu, tinjau dan hapus tangkapan Anda secara berkala jika Anda tidak berpikir akan membutuhkannya lagi untuk menghindari tumpukan tangkapan layar yang tidak teratur.

Kata terakhir tentang cara mengambil tangkapan layar di Chromebook

Ketika Anda berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja, tangkapan layar mungkin menjadi cara yang sempurna untuk berbagi pesan Anda. Gunakan tangkapan layar untuk mendokumentasikan peristiwa keuangan penting, membuat tutorial gambar untuk membantu orang terkasih, atau menyimpan momen penting dalam kehidupan online Anda. Ada banyak cara untuk menggunakan tangkapan layar. Dan Chromebook membuatnya sangat mudah untuk mengambil, mengedit, dan berbagi tangkapan layar.

Periksa kembali tangkapan layar Anda sebelum Anda berbagi

Ingatlah bahwa tangkapan layar lengkap menampilkan segala sesuatu pada layar Anda, termasuk rincian pribadi yang mungkin tidak ingin Anda bagikan. Periksa dua kali setiap kali Anda mengambil tangkapan layar untuk menghindari berbagi rincian pribadi yang tidak ingin dilihat orang lain. Ini termasuk segala hal mulai dari judul situs web di tab browser, hingga hal-hal penting seperti laporan bank atau riwayat medis Anda.

Pastikan untuk memotong informasi sensitif yang tidak ingin dilihat orang lain, dan berhati-hatilah saat menggunakan komputer kerja Anda untuk mengambil tangkapan layar pribadi atau sebaliknya. Tangkapan layar sangat berguna, tetapi terlalu mudah untuk membuat dan berbagi tangkapan layar yang dapat membahayakan Anda atau pengusaha Anda.

Pertanyaan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.