Siapa Yang Menanggung Dana Akreditasi?

Post a Comment

Siapa Yang Menanggung Dana Akreditasi?

Jawaban:

Penjelasan Mendikbud soal Pembiayaan Akreditasi Sekolah/Madrasah


Menurut Muhadjir, proses akreditasi bukan sesuatu yang bersifat pengawasan atau penghakiman badan akreditasi terhadap sebuah sekolah/madrasah. Oleh karena itu, tak menjadi persoalan jika sekolah membiayai sendiri proses akreditasinya. 

"Enggak ada masalah. Akreditasi itu sebetulnya menilai diri sendiri. Asesor hanya mengonfirmasi, memvalidasi, apakah portfolio yang dibuat sekolah sesuai," ujar Muhadjir, di Kompleks Istana Presiden, Selasa (7/2/2017).

Rumah Sakit Terbebani Biaya Akreditasi




Bahtiar menerangkan angka tersebut hanya cukup digunakan untuk mengurus akreditasi, biaya survei, biaya transportasi, hingga biaya pembinaan. Disamping itu, angkat tersebut juga dua kali lipat dari total biaya akreditasi yang diperkirakan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (Kars) yang senilai Rp87 juta.

Oleh karena itu, Persana yang memiliki anggota lebih dari 1.000 rumah sakit kelas menengah ke bawah berharap agar biaya akreditasi ditanggung oleh pemerintah.

“Kami berharap supaya biaya akreditasi ditanggung oleh pemerintah karena itu menjadi salah satu yang membebani apalagi iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sekarang dan klaim BPJS ke rumah sakit itu sangat rendah,” kata Bachtiar kepada Bisnis di Jakarta, Rabu (9/1/2018).

Menanggapi permitaan tersebut, Menteri Kesehatan, Menteri Kesehatam Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek menegaskan Kemenkes tidak akan menanggung biaya akreditasi dengan alasan menyalahi undang-undang.

Nila mengatakan pemerintah tidak diperkenankan untuk memberi bantuan kepada pihak swasta tanpa payung hukum yang jelas.

 “Tidak bisa, tidak ada undang-undangnya, pertanyaannya apakan boleh membiaya swasta? Jangan dong,” kata Nila. 



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter