Fungsi Musik Tradisional, Antara Lain

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Seni pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Jelaskan Fungsi Musik Tradisional Di Bawah Ini:-sebagai Alat Musik Komunikasi-sebagai Sarana Ritual-sebagai Hiburan-sebagai Sarana Ekonomi-sebagai Pengiring Tarian Daerahyg Udh Jawab Makasih Ya:)

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Seni Musik Tradisional || Fungsi Musik Tradisional || kelas X part 2 - Jelaskan Fungsi Musik Tradisional Di Bawah Ini:-sebagai Alat Musik Komunikasi-sebagai Sarana Ritual-sebagai Hiburan-sebagai Sarana Ekonomi-sebagai Pengiring Tarian Daerahyg Udh Jawab Makasih Ya:) jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Jelaskan Fungsi Musik Tradisional Di Bawah Ini:-sebagai Alat Musik Komunikasi-sebagai Sarana Ritual-sebagai Hiburan-sebagai Sarana Ekonomi-sebagai Pengiring Tarian Daerahyg Udh Jawab Makasih Ya:) Semangat Belajar Sob !!


Seni Musik Tradisional || Fungsi Musik Tradisional || kelas X part 2 - Fungsi Musik Tradisional, Antara Lain …

Dalam video pembelajaran ini memuat tentang " Fungsi Musik Tradisional".

Jawaban 1 : Jelaskan Fungsi Musik Tradisional Di Bawah Ini:-sebagai Alat Musik Komunikasi-sebagai Sarana Ritual-sebagai Hiburan-sebagai Sarana Ekonomi-sebagai Pengiring Tarian Daerahyg Udh Jawab Makasih Ya:)

-sebagai hiburan-sebagai pengiring tarian daerah

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

1. Sebagai Sarana upacara budaya (ritual)
Biasanya berkaitan erat dengan upacara- upacara kematian, perkawinan, kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Bunyi-bunyian dan nada-nada yang dihasilkan sangat memungkinkan untuk mendukung upacara budaya ( Ritual).
Di beberapa daerah, bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Oleh karena itu, instrumen seperti itu dipakai sebagai sarana kegiatan adat masyarakat.2. Untuk Hiburan Masyarakatmusik merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya.pada masa kerajaan memerintah di daerah-daerah di Indonesia, setiap ada tamu kerajaan yang datang maka akan disambut oleh iringan-iringan musik tradisional sebagai upacara penyambutan dan sebagai sarana penghibur bagi para tamu kerajaan.3. Sebagai Sarana Mengekspresikan Dirimusik adalah media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya. Melalui musik pula, mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita- cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.4. Sebagai Sarana Alat Komunikasi
Di beberapa tempat di Indonesia, bunyi- bunyi tertentu yang memiliki arti tertentu bagi anggota kelompok masyarakatnya.
Umumnya, bunyi- bunyian itu memiliki pola ritme tertentu, dan menjadi tanda bagi anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan. Alat yang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.5. Sebagai Sarana Untuk Pengiring Tarian
Di berbagai wilayah di Indonesia, bunyi-bunyian atau musik dibuat oleh masyarakat untuk mengiringi tarian- tarian khas daerah. Oleh karena itu, kebanyakan tarian khas daerah di Indonesia hanya dapat diiringi oleh musik daerahnya sendiri-sendiri.
Selain musik daerah, musik pop dan dangdut juga digunakan untuk mengiringi berbagai tarian mode

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter