Sahabat Yang Menyarankan Pembuatan Parit Di Dalam Perang Khandaq Adalah

Post a Comment
Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Sejarah pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Sahabat Rasulullah Saw Yang Mengusulkan Untuk Membuat Pertahanan Berupa Parit Di Yatsrib Adalah... A. Salman Al Farisi B. Umat Bin Khattab C. Sa'ad Bin Waqas D. Usman Bin Affan E. Thalhal Bin Ubaidillah

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Dr. Kholid Basalamah, MA | Perang Khandaq | Part 1 - Sahabat Rasulullah Saw Yang Mengusulkan Untuk Membuat Pertahanan Berupa Parit Di Yatsrib Adalah... A. Salman Al Farisi B. Umat Bin Khattab C. Sa'ad Bin Waqas D. Usman Bin Affan E. Thalhal Bin Ubaidillah jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Sahabat Rasulullah Saw Yang Mengusulkan Untuk Membuat Pertahanan Berupa Parit Di Yatsrib Adalah... A. Salman Al Farisi B. Umat Bin Khattab C. Sa'ad Bin Waqas D. Usman Bin Affan E. Thalhal Bin Ubaidillah Semangat Belajar Sob !!


Dr. Kholid Basalamah, MA | Perang Khandaq | Part 1 - Sahabat Yang Menyarankan Pembuatan Parit Di Dalam Perang Khandaq Adalah ...

Perang Parit yang merupakan bagian dari perang antara umat Muslim melawan Quraysh. Metode penggalian parit yang mereka ...

Jawaban 1 : Sahabat Rasulullah Saw Yang Mengusulkan Untuk Membuat Pertahanan Berupa Parit Di Yatsrib Adalah... A. Salman Al Farisi B. Umat Bin Khattab C. Sa'ad Bin Waqas D. Usman Bin Affan E. Thalhal Bin Ubaidillah


Sahabat rasulullah saw yang mengusulkan untuk membuat pertahanan berupa Parit di yatsrib adalah... 

A. Salman al farisi (jawaban)
B. Umat bin khattab 

C. Sa'ad bin waqas 

D. Usman bin affan E. Thalhal bin ubaidillah


Pembahasan
Sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah pada 22 September 622, nama kota itu adalah Yatsrib. Ada yang berpendapat, nama Yatsrib berasal dari bahasa Ibrani atau Aram.
Pendapat lain menyatakan, nama itu adalah sebutan bagi masyarakat Arab selatan. Yang pasti, kota itu sudah berdiri sejak zaman kuno.
Pada tahun 627, atau sekitar lima tahun setelah hijrah ke kota Madinah, terjadi peperangan antara kaum Muslim dengan pasukan gabungan pasukan aliansi yang terdiri dari Bangsa Quraisy, Yahudi, dan suku Ghathafan. Perang tersebut dinamakan sebagai Perang Khandaq, yang artinya, Perang Parit.
Muaranya adalah ketidakpuasan beberapa orang Yahudi dari Bani Nadir dan Bani Wa’il akan keputusan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menempatkan mereka di luar Madinah.
Strategi parit dari Salman Al-
Farisi
Ketika mendengar langkah-langkah yang dilakukan oleh yahudi dan berhasil mengumpulkan pasukan dari berbagai suku Arab, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan musyawarah dengan para sahabat untuk menghadapi pasukan yang banyak tersebut. Pada saat itu jumlah umat Islam masih sedikit; hanya sekitar 3000 personil, padahal jumlah pasukan musuh telah mencapai 10.000 personil. Tentunya mereka beranggapan tidak ada daya dan kekuatan untuk menghadapi mereka secara konfrontatif, kecuali dengan membangun benteng sehingga dapat menghalangi langkah musuh. Umat Islam ketika itu berhadapan dengan dua buah pilihan yang sama beratnya. Mereka tidak mungkin menyongsong pasukan lawan karena sama saja bunuh diri. Namun untuk bertahan pun, jumlah mereka terlampau sedikit.
Namun Salman Al-
Farisi punya ide lain. Beliau berkata:”
Wahai Rasulullah, sewaktu kami di Persia, jika kami diserang, kami membuat parit, alangkah baik jika kita juga membuat parit sehingga dapat menghalangi dari mereka melakukan serangan.”
Secara cepat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyetujui pendapat Salman. Maka dari itu, membuat parit menjadi peristiwa pertama yang disaksikan oleh kabilah Arab dan umat Islam, karena mereka belum pernah menyaksikan sebelumnya parit sebagai sarana untuk berperang. Inilah asal muasal nama Perang Khandaq.
Pelajari lebih lanjut
Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW
Detil jawaban
Kelas: 2 SMP
Mata pelajaran: Agama Islam
Bab: 9 - Dakwah Nabi Muhammad SAW

di Madinah
Kode: 8.14.9
Kata kunci: perang khandaq; nabi Muhammad SAW; 

Madinah

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter