VqI14dIZgOPEqICDVdzsdHohm6R1qA6BYQ86dmeQ

Pengertian Keterampilan Berbicara

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran B. Indonesia pada tingkat Sekolah Menengah Atas apakah pertanyaan tentang Sebutkan Pengertian Bahasa Dan Hubungan Antarketerampilan Berbahasa.Ungkapkan Pengetahuan Anda Tentang Pengertian Bahasa Yang Anda Peroleh Dari Referensi 5 Orang Pakar Dan Jelaskan Pandangan Anda Tentang Hubungan Antarketerampilan Berbahasa, Serta Ungkapkan Pendapat Anda

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang [Tugas Bahasa Indonesia] Apa itu Keterampilan Berbicara? - Sebutkan Pengertian Bahasa Dan Hubungan Antarketerampilan Berbahasa.Ungkapkan Pengetahuan Anda Tentang Pengertian Bahasa Yang Anda Peroleh Dari Referensi 5 Orang Pakar Dan Jelaskan Pandangan Anda Tentang Hubungan Antarketerampilan Berbahasa, Serta Ungkapkan Pendapat Anda jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Sebutkan Pengertian Bahasa Dan Hubungan Antarketerampilan Berbahasa.Ungkapkan Pengetahuan Anda Tentang Pengertian Bahasa Yang Anda Peroleh Dari Referensi 5 Orang Pakar Dan Jelaskan Pandangan Anda Tentang Hubungan Antarketerampilan Berbahasa, Serta Ungkapkan Pendapat Anda Semangat Belajar Sob !!


[Tugas Bahasa Indonesia] Apa itu Keterampilan Berbicara? - Pengertian Keterampilan Berbicara

Halo Semua! Saya sebagai salah satu mahasiswi dari Universitas Esa Unggul memaparkan materi Keterampilan Berbicara ...

Jawaban 1 : Sebutkan Pengertian Bahasa Dan Hubungan Antarketerampilan Berbahasa.Ungkapkan Pengetahuan Anda Tentang Pengertian Bahasa Yang Anda Peroleh Dari Referensi 5 Orang Pakar Dan Jelaskan Pandangan Anda Tentang Hubungan Antarketerampilan Berbahasa, Serta Ungkapkan Pendapat Anda


Jawaban:
Pengertian bahasa menurut para ahli:
Kridalaksana dan Djoko Kentjono (dalam Chaer, 2014:32) menjabarkan bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer dan digunakan oleh para anggota kelompok sosial.
Menurut Saussure, Bapak Linguistik Modern, bahasa adalah objek dari semiologi, yakni ilmu yang mempelajari tanda dan makna.
Keraf dalam Smarapradhipa (2005) menjabarkan bahasa adalah simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan digunakan untuk berkomunikasi dan bersifat arbitrer
Sudaryono menyebut bahwa bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif dan tidak sempurna. Meski demikian, kesalahpahaman dapat terjadi karena ketidaksempurnaan bahasa sebagai alat komunikasi.
William A. Haviland berpendapat bahasa merupakan sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
Sementara itu, antar keterampilan berbahasa meliputi 4 aspek, yakni:
1. Keterampilan berbicara

2. Keterampilan menulis

3. Keterampilan membacaserta 

4. Keterampilan mendengar

Keempat keterampilan berbahasa ini merupakan aspek yang saling mendukung dan mempengaruhi satu sama lain, sehingga tidak dapat dipisahkan atau dihilangkan salah satunya. 

Penjelasan:
Berikut penjelasan mengenai hubungan antarketerampilan bahasa:
Dalam keterampilan berbicara, seseorang diharapkan mampu menuturkan bahasa baik dalam bentuk bahasa paling sederhana seperti fonem, hingga bentuk yang bahasa yang kompleks seperti ujaran. Keterampilan berbicara memerlukan penguasaan atas struktur bahasa itu sendiri serta konteks dari bahasa yang disampaikan oleh seorang penutur.
Dalam keterampilan menulis yakni sebuah keterampilan yang menuntut penguasaan atas kemampuan menulis bahasa yang tepat dan baik, sesuai dengan kaidah yang berlaku serta mudah dipahami dan tidak mengalami kerancuan dalam penulisannya.
Dalam keterampilan membaca, seseorang dituntut untuk mampu memahami sebuah bacaan dan mencernanya sehingga dapat menangkap maksud yang diungkapkan oleh bacaan tersebut. Keterampilan ini menuntut ketepatan penguasaan seseorang atas sebuah bacaan meliputi pemahaman secara tekstual dan kontekstualnya.
Dalam keterampilan mendengar, seseorang dituntut untuk mampu menyimak secara seksama sebuah bahasa sehingga tidak terjadi kerancuan dalam pemahaman sebuah bahasa. Keterampilan ini memerlukan penguasaan atas pemahaman konteks bahasa yang disampaikan lewat ujaran.
Dari penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa keterampilan berbicara terkait dengan keterampilan mendengar. Sedangkan keterampilan membaca terkait dengan keterampilan menulis. Hal ini membuktikan bahwa kerampilan berbahasa saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. 

Semangat Sob !! Semoga Membantu ..

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar