Notifikasi

Contoh Interaksi Akomodasi dalam Interaksi Sosial

Jenis akomodasi interaksi sosial biasanya dimulai dengan pertengkaran, dan kemudian pihak yang berselisih memilih untuk memperbaiki situasi untuk mencapai kesepakatan, sehingga memulihkan stabilitas dan ketertiban masyarakat.

Akibatnya, ikatan sosial dalam konteks ini cenderung mengarah pada komunikasi atau interaksi tanpa kekerasan antara orang, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Interaksi Sosial dan Syaratnya

Contoh Bentuk Interaksi Akomodasi

Sebagai contoh jenis kontak akomodasi dalam masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh,

Mediasi

Mediasi merupakan salah satu jenis akomodasi dalam sosiologi yang diakomodasi oleh pihak ketiga dan bersifat netral bebas dari keberpihakan. Semua keputusan dalam hal ini harus dibuat oleh para pihak yang bersengketa.

Ketika kita mengamati seorang teman di sekolah yang status sosial dan peran sosialnya sebagai bendera, ini adalah contohnya. Namun, ia dituduh menggelapkan dana kelas untuk keuntungan pribadi; biaya ini bisa benar atau salah.

Kompromi

Interaksi sosial akomodasi dalam bentuk kompromi dapat dikatakan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan untuk meringankan masalah sosial yang timbul antara dua pihak dengan mengurangi tuntutan di antara para pihak untuk mencapai kesepakatan.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, sebelum lahirnya ideologi Pancasila yang bersumber dari isi Piagam Jakarta Pembukaan UUD 1945, banyak yang memprotes isi sila pertama yang tertulis Ketoehanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.

Paksaan

Akomodasi interaksi sosial koersif biasanya dilakukan dengan terlebih dahulu memanfaatkan paksaan, ancaman, tekanan, atau kekerasan terhadap lawan bicara. Secara umum, kejadian seperti ini biasa terjadi di lembaga sosial pemerintah yang menjaga stabilitas kehidupan secara keseluruhan.

Contoh akomodasi dalam pemaksaan yang dapat ditemukan saat ini antara lain bentuk aksi sosial Satpol PP kepada PKL saat terjadi PPKM (Penegakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sebagai salah satu kebijakan sosial pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang juga dikenal sebagai virus korona.

Perdamaian

Rekonsiliasi dapat diartikan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak penengah untuk mempertemukan keinginan kedua belah pihak yang bersengketa, sehingga permasalahan sosial seperti ini dapat diselesaikan melalui konsiliasi yang lebih dekat dengan konflik sosial.

Akomodasi konsiliasi adalah contoh dari apa yang telah terjadi. Misalnya, ada inisiatif yang sedang dilakukan untuk mengurangi contoh perselisihan sosial di masyarakat Lampung antara Jawa dan Bali, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan. Hingga saat ini, kesepakatan tercapai.


Pendidikan Sosiologi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.