Notifikasi

Tarhib Ramadhan 2022 Apakah Makna Dan Arti Sesungguhnya

Apa itu tarhib Ramadan dan Maknanya


Secara teknis, istilah tarhib berasal dari bahasa Arab marhaban, yang berarti "selamat datang". Tarhib berasal dari bahasa Arab “ra-hi-ba, yarhabu, rahbun” yang artinya luas, lapang, dan lebar, kemudian menjadi fi’il “rahhaba, yurahhibu, tarhiban” yang artinya menyambut, menerima dengan segala hati seseorang.

Dengan demikian, tarhib Ramadhan adalah kegiatan mempersiapkan jiwa dan raga untuk menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kesiapan, keluasan, dan kelapangan. Setiap budaya memiliki kebiasaan tarhib sendiri sebagai semacam kesenangan selama Ramadhan.

Tarhib Ramadhan 2022

Tradisi Tarhib di Uni Emirat Arab

Perayaan tarhib Ramadhan UEA mirip dengan Halloween di Barat. Pada tanggal 15 Syaban, dua minggu sebelum Ramadhan, anak-anak akan pergi dari pintu ke pintu meminta permen atau kacang.

Anak-anak ini akan menyanyikan lagu atau lagu tradisional dengan lirik “Aatona Allah Yutikom, Bait Makkah Yudikum”. Berikan pada kami (kacang atau permen) dan Allah akan membalas kebaikanmu dan menolongmu mengunjungi Kakbah di Makkah.

Karena perubahan, kebiasaan Haq Al Laila ini sekarang jarang dilakukan. Anak-anak tidak lagi mengunjungi tetangga. Namun, hanya anggota keluarga atau kerabat senior yang boleh dikunjungi.

Tradisi Tarhib di Mesir

Ramadhan dirayakan di Mesir dengan pemasangan lampion warna-warni yang disebut fanous di depan rumah-rumah penduduk. Fanous ini didirikan untuk memberikan keceriaan selama bulan suci Ramadhan.

Khalifah Al-Muizz li-Dn mendarat di Kairo pada malam hari. Jalan-jalan Kairo sangat suram saat itu. Dia juga mengundang penduduk setempat untuk berjalan-jalan di Fanous.

Amalan ini biasanya dilakukan sebelum Ramadhan. Lentera biasanya dibawa oleh anak-anak muda yang mengunjungi rumah-rumah sekitar untuk meminta kacang dan permen.

Tradisi Tarhib di Indonesia

Beberapa Muslim Indonesia melakukan padusan, atau membersihkan diri, sebelum puasa Ramadhan. Dalam bahasa Jawa, padusan berarti mandi bersuci. Kebiasaan itu melibatkan sepenuhnya menenggelamkan diri di kolam.

Menurut The Culture Trip, Padusan merupakan perpaduan budaya dan agama Indonesia. Kolam renang sangat penting bagi orang Jawa dan memainkan peran besar dalam campurannya. Adat ini dikaitkan dengan Wali Songo dan pendakwah Jawa lainnya. Secara historis, otoritas agama dan komunal memilih kolam padusan-suci. Saat ini, individu membersihkan rumah mereka sendiri.

Tarhib Ramadhan Menurut Tarjih Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kajian tarjih normal pada Selasa (1/3/2022) bersama Ust. Yayuli, S.Ag., M.P.I. sebagai guru besar di Fakultas Agama Islam UMS.

Sebagai salah satu persiapan menyambut bulan Ramadhan, seorang muslim dan mukmin dihimbau untuk meningkatkan amalan di bulan Sya'ban, termasuk puasa.

Namun, menurut Majlis Tarjih Muhammadiyah, puasa di Sya'ban tidak sebatas nisfu sya'ban. “Dalam kitab fiqh sunnah itu bid’ah,” kata Yayuli.

Dia juga mendefinisikan puasa sebagai menahan atau mencegah sesuatu, sedangkan dengan kata-kata itu menahan dari hal-hal yang membuat puasa dari fajar hingga matahari terbenam dan dengan tujuan.

“Puasanya batal jika dia tidak berniat pada malam sebelum fajar,” hadits Hafsah

Umat ​​Islam memiliki banyak teknik untuk menentukan awal Ramadhan, salah satunya dengan melihat Hilal, sesuai hadits nabi dari Abu Hurairah.

Qs. Albaqarah ayat 183 adalah dasar puasa.

Yayuli juga mengatakan bahwa dalam album tersebut ada yang terpaksa dan ada yang tidak.

“Tandanya apakah perempuan digolongkan saat sedang haid, sedangkan laki-laki dikategorikan mukallaf ketika mengalami mimpi basah atau perubahan biologis,” imbuhnya.



Viral
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.