Notifikasi

2 Contoh Menjaga Kebersihan Lingkungan Adalah

Anda Sedang mencari jawaban di mata pelajaran Penjaskes pada tingkat Sekolah Menengah Pertama apakah pertanyaan tentang Tuliskan 3 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Pada halaman ini juga terdapat video penjelasan tentang Mengenal Cara Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan - Tuliskan 3 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan jangan lupa tonton sampai habis agar lebih faham tentang Tuliskan 3 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Semangat Belajar Sob !!


Mengenal Cara Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan - 2 Contoh Menjaga Kebersihan Lingkungan Adalah

Jawaban 1 : Tuliskan 3 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan


Tiga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah:
Membuang sampah pada tempatnya.
Melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik.
Menerapkan reuse, reduce, recycle, dan replace untuk mengurangi produksi sampah.
Pembahasan
Lingkungan adalah tempat makhluk hidup beraktivitas dan pada dasarnya harus kita jaga kebersihan dan kelestariannya. Hal ini perlu dilakukan karena lingkungan yang lestari membawa dampak yang sangat positif bagi keseluruhan makhluk hidup yang ada di bumi. Berikut merupakan dampak positif dari adanya lingkungan yang lestari:
Mencegah terjadinya banjir, erosi, dan kekeringan dengan adanya pepohonan yang rindang.
Menjaga kekayaan sumber daya alam dengan tingkat kesuburan tanah yang terjaga.
Menjaga kekayaan sumber daya alam laut dengan laut yang lestari dan bersih.
Menjaga ketersediaan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dengan adanya pepohonan yang rindang.
Menjaga keseimbangan ekosistem dengan adanya rantai makanan sempurna.
Mencegah terjadinya pemanasan global.
Mengurangi resiko terjadinya kebakaran hutan.
Maka dari itu, sejak dini kita harus sudah menerapkan sikap peduli lingkungan. Peduli lingkungan adalah sebuah sikap atau adanya kesadaran diri seseorang akan adanya kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar kita dan mulai melakukan upaya untuk mengembalikan kelestarian lingkungan. Kita semua bisa melakukan upaya sekecil apapun yang memiliki pengaruh terhadap pengembalian kelestarian lingkungan. Berikut merupakan tindakan nyata yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan kelestarian lingkungan:
Memilah sampah: adanya pemilahan antara sampah organik dan anorganik. Hal ini perlu dilakukan agar sampah anorganik bisa diolah kembali oleh perusahaan daur ulang menjadi sebuah produk yang bisa digunakan kembali sehingga tidak menimbulkan limbah yang bisa mencemari lingkungan.
Membuang sampah pada tempatnya: sampah yang kita buang secara sembarangan bisa merusak kesuburan tanah. Terlebih lagi sampah yang dibuang ke sungai akan berakhir di laut dan bisa membunuh biota laut.
Reuse: menggunakan kembali barang-barang yang berpotensi menjadi limbah, seperti plastik belanja yang kita dapat ketika berbelanja di minimarket.
Reduce: mengurangi penggunaan barang-barang yang berpotensi menjadi sampah yang akan mencemari lingkungan, seperti plastik dan styrofoam.
Recycle: mendaur ulang barang-barang yang berpotensi menjadi limbah yang mencemari lingkungan, seperti menggunakan botol plastik air kemasan menjadi pot bunga atau tempat pensil.
Replace: mengganti barang-barang yang berpotensi menjadi limbah menjadi barang yang bisa digunakan berulang kali, seperi menggunakan tumblr untuk menggantikan botol plastik air kemasan.
Pelajari

Pendidikan Penjaskes Sekolah Menengah Pertama
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.